Plh Bupati OKU Hadiri Puncak Latihan Bersama Garuda Shield 2021

Baturaja - Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Candra menghadiri Puncak Latihan Bersama Garuda Shield ke-15 Tahun 2021 di Puslatpur Simpang Batumarta, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan, Kamis (12/8).

 

Latihan bersama Garuda Shield ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah kerjasama militer Indonesia dan Amerika Serikat yang berlangsung 1-14 Agustus 2021.

Latihan bersama ini bertujuan memperkuat kemitraan pertahanan antara Indonesia dan  Amerika Serikat serta memberikan peluang pertukaran profesional dan budaya melalui pelatihan dan pembelajaran bersama.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur tingkat per orangan sampai dengan tingkat satuan Brigade serta meningkatkan kerjasama pertahanan antar kedua negara Indonesia-Amerika.

Sedangkan materi yang dilatihkan meliputi Staff Exercise, Field Training Exercise (FTX), Live Fire Exercise (LFX), Aviation and Medical Exercise (Medex), serta dua program latihan yang akan digabungkan, yaitu Joint Combined Exchange Training (JCET) dan Garuda Airborne.

Latihan Bersama Garuda Shield 15/2021 ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional prajurit TNI AD sehingga menjadi SDM yang tangguh, hal ini selaras dengan tema HUT Kemerdekaan RI Ke-76 "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh".

Latihan bersama Garuda Shield ini di bawah komando Komandan Latihan (Danlat) Letjen TNI AM Putranto yang menjabat sebagai Komandan Kodiklat TNI AD ini memiliki urgensi terwujudnya sinergitas dalam melaksanakan manuver tingkat Brigade dan memperoleh bahan evaluasi guna meningkatkan kemampuan operasi seluruh satuan.