Kuota Terbatas, Kades Kuala Dua Akui Banyak Warganya Belum Divaksin

Kubu Raya - Ratusan warga Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, memadati halaman kantor desa untuk mendapatkan vaksin dosis pertama yang digelar pemerintah desa setempat bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya melalui Puskesmas Sungai Durian.

Kepala Desa Kuala Abbas, Kamis (26/8), mengatakan, Desa Kuala Dua mendapatkan kuota vaksin Moderna untuk dosis pertama sebanyak 300 orang.

"Kalau kami lihat antusias warga yang ikut vaksinasi hari ini, tentunya kuota untuk 300 orang itu masih kurang, karena masih banyak warga kami yang sudah datang namun belum bisa mendapatkan antrian vaksin," ujarnya.

Abbas menuturkan, sampai saat ini masih banyak warganya yang belum divaksin. Untuk itu, pihaknya meminta Dinas Kesehatan untuk memfasilitasi kebutuhan vaksi bagi warga Desa Kuala Dua.

"Sejak tadi malam kita telah mendata warga yang akan menerima vaksin COVID-19 sebanyak 200 orang melalui RT-RT, sehingga pada pelaksanaan hari ini kita hanya menunggu 100 warga lagi yang mendaftar," kata Abbas di sela meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Kantor Desa Kuala Dua, Kamis (26/8).

Abbas menambahkan, pendataan warga itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan warga saat pelaksanaan vaksinasi hari ini.

"Setelah ini, kami juga akan kembali menggelar vaksinasi pada 2 September mendatang di Alas Kusuma. Semoga saat itu kuota vaksin untuk Desa Kuala Dua bertambah," tuturnya.

Abbas menjelaskan, vaksinasi hari ini merupakan yang ketiga kalinya digelar pihaknya bersama Puskesmas Sungai Durian, yang terdiri dari dua kali vaksin dosis pertama dan satu kali vaksin dosis kedua.

"Kita harapkan kuota 400 warga Desa Kuala Dua yang akan divaksin pada 2 September nanti bisa tercukupi dan untuk pelaksanaannya kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Pak Bupati Muda Mahendrawan," tutup Abbas.