LPTQ Kabupaten Banjar Jaring Kader Muda, Ini Harapan Bupati

Martapura - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Banjar  menjaring kader muda dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung Islamic Center Martapura, Rabu (25/8).

Bupati Banjar Saidi Mansyur, dalam sambutan pembukaan berharap melalui kegiatan ini akan lahir para hafiz dan hafizah muda di Kabupaten Banjar.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Banjar Masruri mengatakan, kegiatan penjaringan diikuti 39 orang peserta terdiri dari putra dan putri.

Menurutnya, kegiatan penjaringan kader muda LPTQ Kabupaten Banjar. untuk menggali potensi kader muda pra MTQ dan mencari bibit-bibit muda yang baru.

"Sekaligus dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Banjar dan HUT ke-76 RI. Juara pertama dan kedua akan diikutsertakan pada MTQ tahun 2022 di Kecamatan Mataraman," katanya.

Penjaringan ini, jelas Masruri, yakni pada cabang Tahfizul Qur'an atau hapalan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.

Sebelumnya, penjaringan cabang lomba MTQ yang sudah dilaksanakan, yaitu Tartil, Tilawah Golongan Anak, Tilawah Golongan Remaja, Qiraat Mujawwad. Kemudian cabang Khat Golongan Naskah, Khat Golongan Hiasan Mushaf, Khat Golongan Dekorasi, Khat Golongan Kontemporer, Makalah Ilmiah Al-Qur'an dan Syarhil Qur'an.

Pada kesempatan ini, bupati Banjar menyerahkan trofi dan uang pembinaan kepada peserta yang dinilai terbaik. Sementara Wakil Bupati Banjar Said Idrus Alhabsyi yang yang juga hadir mendampingi turut menyerahkan bantuan Rp5 juta kepada Sanggar Kaligrafi Darul Hijrah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.