Dinkes Kubu Raya Mulai Berikan Vaksinasi Ibu Hamil

Kubu Raya - Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, mulai melakukan pemberian vaksin COVID-19 kepada ibu hamil di empat kecamatan, di antaranya Sungai Ambawang, Sungai Raya, Sungai Kakap dan Rasau Jaya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan mengatakan, pihaknya menargetkan 12 ribu hamil yang ada di kabupaten itu harus menerima vaksin COVID-19, karena saat ini vaksinasi udah bisa diberikan kepada ibu hamil dengan usia kandungan 4-8 bulan, termasuk juga bagi para ibu yang sedang menyusui. Tentunya vaksinasi untuk ibu hamil dan menyusui ini sangat diperlukan untuk perlindungan bagi ibu, anak dalam kandungan, balita, keluarganya dan masyarakat.

“Untuk tahap pertama ini, sebanyak 400 ibu hamil yang diberikan vaksinasi yang tersebar di titik, diantaranya Sungai Ambawang yang merupakan tempat dilounchingnya vaksinasi bagi ibu hamil, Sungai Raya, Sungai Kakap dan Rasau Jaya," kata Marijan saat mendampingi Bupati Muda Mahendrawan bersama Ketua TP PKK meninjau vaksinasi lansia dan ibu hamil di kantor Camat Sungai Ambawang, Selasa (31/8).

Marijan mengharapkan kepada semua ibu hamil untuk segera mendapatkan informasi terkait pelaksanaan vaksinasi dosis pertama, kalau ibu hamil itu memahami akan kebutuhuan vaksinasi untuk memberikan kekebalan kepada dirinya dan anak dalam kandungannya, tentunya mereka akan datang. Karena dengan diberikannya vaksinasi COVID-19 kepada ibu hamil itu, akan mengurangi angka kematian bagi ibu hamil maupun yang menyusui.

“Vaksinasi ibu hamil dan menyusui ini kita lakukan, karena kita berusaha untuk mengurangi angka kematian Ibu dan Balita (AKI-AKB) di kabupaten ini," ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, selain Puskesmas Sungai Ambawang, hari ini terdapat 10 Puskesmas lainnya secara serentak menggelar vaksinasi massal melalui sebaran vaksina i di desa-desa diantaranya, Puskesmas Batu Ampar Kecamatan Batu Ampar dengan sasaran 150 orang, Puskesmas Punggur Kecamatan Sungai Kakap 150 orang, Puskesmas Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap 200 orang, Puskesmas Sui Ambawang Kecamatan Sungai Ambawang 300 orang (untuk lansia dan Ibu Hamil), Puskesmas Parit Timur Kecamatan Sungai Ambawang 46 orang, Puskesmas Lingga Kecamatan Sungai Ambwang 250 orang, Puskesmas Kubu Kecamatan Kubu 100 orang, Puskesmas Radak Kecamatan Terentang Dosis 2 sebanyak 60 orang. Puskesmas Sui Durian, Kecamatan Sungai Raya 300 orang, Puskesmas Sui Kakap Kecamatan Sungai Kakap 200 orang (dosis 1 Moderna) dan Puskesmas Padang Tikar Kecamatan Batu Ampar 90 orang.

Peluncuran vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil di kantor Camat Sungai Ambawang ini, Ketua TP PKK Kabupaten Kubu Raya memberikan bingkisan kepada lansia dan ibu hamil yang hari ini menerima vaksin.