Desa Pesayangan Selatan Kabupaten Banjar Deklarasikan STOP BABS

Martapura - Pemerintah Desa Pesayangan Selatan Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan melakukan verifikasi serta deklarasi STOP Buang Air Besar Sembarangan (STOP BABS). Deklarasi tersebut dilaksanakan di Rumah Sehat Berlian, Selasa (31/8).

Deklarasi tersebut merupakan komitmen bersama untuk mendukung peraturan Bupati Banjar tentang Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Jambanisasi, dan ini sangat berpengaruh pada masyarakat semua dalam menciptakan kesehatan lingkungan.

Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Irmawati Trihastuti Diah mengatakan, kegiatan deklarasi ini didukung oleh warga Desa Pesayangan Selatan untuk kesehatan lingkungan.

“Pola hidup sehat salah satunya adalah tidak melakukan buang air besar sembarangan untuk menciptakan kesehatan lingkungan dan mencegah terjadinya stunting,” tuturnya.

Irmawati menjelaskan bahwa pihaknya tidak bisa bekerja sendiri dalam menjalankan program ini.

"Kami berharap peran babinsa dan bhabinkamtibmas dalam mensosialisasikan juga dibantu aparat desa menjadi harapan kami agar tercipta kesadaran warga pola hidup sehat,” tuturnya.

Sementara itu, Sersan Satu Bambang Babinsa Koramil 1006-06/ Martapura mengatakan sangat mendukung dengan kegiatan deklarasi STOP Buang Air Besar Sembarang ini untuk kesehatan warga.

“Meski kehidupan mereka di bantaran sungai, mereka mendukung dan mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang diprogramkan Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan dan mendapat dukungan penuh tokoh agama dan masyarakat,” ucapnya.