Bupati Kubu Raya Minta Kades Data Bumil Divaksinasi COVID-19

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan meminta kepala desa melakukan pendataan terhadap ibu hamil dan menyusui serta para lansia untuk  mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Saya minta kepala desa melakukan pendataan terhadap ibu hamil menyusui dan para lansia, agar data tersebut bisa di sampaikan ke puskesmas dan mereka menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19," kata Muda saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di halaman Kantor Camat Sungai Ambawang, Kubu Raya, Kalbar, Selasa (31/8).

Menurut Muda, vaksinasi COVID-19 sudah dipastikan aman digunakan, sehingga ibu hamil dan menyusui tidak perlu khawatir untuk mendapatkan vaksin.

Muda mengatakan bahwa vaksinasi ke masyarakat menjadi hal yang utama bagi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

"Vaksinasi ini kita berikan kepada ibu hamil, ibu menyusui serta masyarakat rentan penyakit kronis yang sudah terkontrol penggunaan obat-obatan, hal ini kita lakukan agar seluruh masyarakat Kabupaten Kubu Raya bisa melaksanakan vaksinasi," ucapnya.

Selain itu, upaya tersebut memberikan dampak yang besar bagi mereka yang mendapatkan vaksinasi seperti ibu hamil dan menyusui.

"Selain untuk diri sendiri vaksin ini juga bermanfaat bagi janin yang dikandung dan anak bayi maupun balita yang masih menggunakan ASI. Karena secara tidak langsung para bayi dan balita juga mendapatkan kekebalan tubuh dari COVID-19," kata Muda.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Rosalina Muda Mahendarwan meminta agar ibu-ibu yang sedang menyusui saat ini untuk mengikuti vaksinasi COVID-19, untuk memberikan antibodi bagi bayinya.

"Bagi ibu-ibu menyusui di seluruh pelosok Kubu Raya dan di Indonesia, bahwasanya ibu menyusui sudah bisa menerima vaksin COVID-19. Hal ini menindaklanjuti Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/368/2021, tanggal 11 Februari 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19. Pemerintah Kubu Raya juga akan memberikan vaksin COVID-19 kepada ibu hamil dan menyusui," kata Rosalina di Sungai Raya, Minggu (29/8).

Untuk ibu-ibu menyusui yang ingin mendapatkan vaksin COVID-19 sudah bisa mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di masing-masing kecamatan dan desa, baik puskesmas, pustu dan faskes lainnya.