Bupati Kubu Raya Launching Internet Desa di Jeruju Besar

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat Muda Mahendrawan didampingi Wakil Bupati Sujiwo, Ketua DPRD Agus Sudarmansyah dan Kepala Dinas Kominfo Edi Murdianto membuka Launching Internet Desa Menuju Desa Bahagia Berbasis Digital di Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Rabu (1/9) pagi.

Dalam sambutannya, Muda mengatakan program internet desa ini untuk menentukan langkah-langkah yang dilakukan secara bertahap namun pasti dengan sistem ‘kepong bakol’ supaya informasi itu bisa lebih tersampaikan ke seluruh masyarakat dan dapat langsung diakses. Karena jika bicara keterbelakangan dan kemiskinan, ujarnya, hal itu semua muaranya dikarenakan miskin informasi.

“Apabila semuanya mampu mengakses informasi, maka semuanya akan mendapat peluang. Siapapun kita, informasi tentang peluang-peluang untuk usaha, peluang dibidang pertanian, peluang untuk terdidik, peluang untuk mengakses ilmu pengetahuan dan peluang untuk mendapatkan layanan termasuk juga upaya kita memberikan dampak kemajuan-kemajuan, baik ekonomi serta budaya supaya bisa benar-benar membuat kita semua bahagia, maka disitulah pentingnya informasi," kata Bupati Muda.

Dirinya mengharapkan, jaringan internet ini bisa merata, sehingga bisa akses semua masyarakat dan akhirnya masyarakat dan generasi Kubu Raya akan jauh lebih berkualitas, karena dunia sudah bergerak dan global, sehingga semua ini bisa diakses.

“Kita berupaya bagaimana agar masyarakat Kubu Raya yang tersebar di 118 desa dan 9 kecamatan, meski memiliki banyak keterbatasan tapi dengan langkah percepatan informasi yang bisa diakses maka segela kendala itu akan kita adaptasi. Apapun yang terjadi kita bisa beradaptasi, menyesuaikan dan akhirnya kita bisa mengejar percepatan untuk membahagiakan semuanya," ujar bupati.

Bupati menyampaikan, agenda ini sebenarnya sudah direncanakan sejak Maret 2021, namun Pemkab Kubu Raya harus menyesuaikan kondisi dan situasi pandemi saat ini, tentunya bupati memberikan kesempatan kepada Pemdes Jeruju Besar beserta jajaran dan BUMDes untuk membuat sistem yang lebih membangun, sehingga lebih banyak banyak sasaran yang dikejar.

“Tentunya percepatan itu akan lebih meringankan beban masyarakat dalam mengakses internet dan informasi. Selain itu dengan internet desa ini untuk membuka ruang kepada anak-anak di desa ini dan sekaligus juga internet desa ini untuk mempercepat peluang-peluang bisa kita hadirkan," jelas bupati.

Launching internet desa ini juga dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Ayub, Anggota DPRD Zulkarnaen, Ketua TP PKK Rosalina Muda, Ketua GOW Atzeby Yatulensi, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Indah Dyah Yusran Anizam.