Pemuda Diharapkan Bawa Kebangkitan Ekonomi

Pelaihari - Pemuda diharapkan membawa Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19 dan melangkah lebih maju untuk menggerakan pertumbuhan ekonomi.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Tanah Laut (Tala) Sukamta yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Dahnial Kifli, saat membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali, pada Upacara Hari Peringatan Sumpah Pemuda ke-93 yang mengangkat tema Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh. Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Tala pada Kamis (28/10).

Tema tahun ini diangkat untuk mengingat kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang digerakan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda kala itu.

Sekda Tala, dalam pidato Menpora RI yang dibacakannya menyampaikan bahwa pemuda saat ini harus sanggup membuka pandangan luar, memiliki kapasitas, kemampuan, berkarakter, memiliki inovasi, kreativitas tinggi, mandiri, serta unggul dalam persaingan global.

"Memperingati Sumpah Pemuda yang dilaksanakan ini diharapkan menjadi perekat persatuan sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit karena pandemi COVID-19, serta mewujudkan perekonomian yang kokoh," ujar sekda.

Beberapa penghargaan serta trofi telah diterima sebelumnya oleh para pemuda berprestasi dari Tala. Adapun prestasi para  pemuda Tala 2021 yaitu keikutsertaan pemuda Tala pada pengiriman pelatihan kepemimpinan para santri muda se-Indonesia tingkat internasional ke Negara Turki yang diadakan oleh International Youth Leader Batch 31 Chapter Santri Milenial.

Selain itu ada pula pemuda asal Tala yang berada pada posisi Grand Final pada pemilihan Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi Tingkat Nasional, dan pemuda asal Tala berada pada posisi Grand Final Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional, serta pemuda Tala yang berada pada posisi 10 besar Grand Final Pemilihan Putera-Puteri Pendidikan Indonesia.

Pemuda Tala juga mendapatkan prestasi pada ajang Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, serta pemenang Lomba Menulis untuk Bupati Tala Khusus Mahasiswa dan Pelajar.

Kegiatan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ini turut diikuti oleh unsur Forkopimda Tala, Pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Tala, para pelajar dan mahasiswa serta para tamu undangan.