Bupati Sigi Ikuti Webinar Penanganan COVID-19

Sigi - Bupati Sigi Mohamad Irwan, bersama Kepala Dinas Kominfo Anas Yalitoba, Plt Kepala Dinas Kesehatan Roland Franklin, dan sejumlah pejabat daerah lainnya mengikuti web seminar (Webinar) bertema "Peran dan Tantangan Pemerintah Daerah dan Organisasi Masyarakat Sipil Dalam Merespons Pandemi COVID-19 Sebagai Upaya Kemanusiaan dan Keadilan Sosial", Selasa (29/4).

"Beberapa langkah pencegahan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Sigi dengan mengikuti Instruksi Presiden, Maklumat Kapolri serta Surat Edaran Gubernur Sulawesi Tengah dan membentuk Gugus Tugas sebagai pusat informasi bagi masyarakat," kata Irwan.

Menurut Irwan, pihaknya telah melakukan beberapa inovasi sesuai prosedur yang ditetapkan, seperti verifikasi data masyarakat khususnya yang kurang mampu agar tidak tumpang tindih dalam penerimaan bantuan sosial dari pemerintah pusat. Pemerintah desa dapat menggunakan dana desa untuk kegiatan dibidang kesehatan khususnya dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19 untuk menjaga ketahanan pangan.

"Pemerintah desa harus menyediakan beras sebanyak 2 ton dari anggaran dana desa dan menyiapkan lahan seluas 3 hektar guna ditanami tanaman konsumtif yang bertujuan untuk masyarakat desa bila terjadi krisis pangan," papar Irwan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi juga mengalokasikan dana Khusus dalam penanganan dampak pandemi COVID-19.