Dandim Sumbawa Barat Paparkan Kesiapan TMMD ke-108 kepada Danrem 162/WB

Sumbawa Barat - Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol CZI Eddy Oswaronto memaparkan kesiapan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 tahun 2020 di wilayah Kodim 1628/SB kepada Danrem 162/Wira Bhakti, Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani.

Melalui telekonferensi di Graha Fitrah, Kantor Bupati Sumbawa Barat (KSB), Jumat (15/5), Dandim 1628/SB memaparkan rencana pelaksanaan pelaksanaan TMMD akan dimulai 30 Juni hingga 29 Juli 2020.

Sebelum pelaksaan itu akan diawali dengan pra TMMD terlebih dahulu yang direncanakan pada tanggal 1-24 Juni 2020 mendatang.

"Lokasi TMMD ke 108 berada di Desa Seminar Salid dengan tiga sasaran yaitu pembuatan jalan strategis pertanian, pembuatan masjid di Dusun Batu Melik, pembangunan rumah tidak layak huni menjadi rumah baru dan satu rumah direhabilitasi,” jelasnya.

Sebelum obyek fisik dibangun, akan dilakukan tahap perencanaan terlebih dahulu yaitu pada 13 sampai dengan 17 April 2020, sedangkan tahap persiapan akan dimulai tanggal 4-7 Mei 2020.

“Tahap pelaksanaannya nanti kita targetkan mulai 30 Juni sampai 29 Juli 2020. Semuanya harus sudah rampung dan selesai pada akhir Juli itu,” katanya.

Selain pembangunan objek fisik, TMMD juga akan diisi dengan penyuluhan penanggulangan penyebaran COVID-19, sosialisasi pembuatan cuci tangan di depan rumah warga masing-masing.

Para anggota juga akan melakukan sosialisasi cara pembuatan cairan antiseptik dan tanaman yang ada di sekitar masyarakat serta sosialisasi cara hidup sehat pada masyarakat desa setempat.

Dandim mengucapkan teramakasih kepada masyarakat KSB dan semua pihak yang mendukung pelaksanaan TMMD ke 108 nantinya.

"Semoga TMMD ini menjadi kekuatan dan menjaga sinergitas TNI Polri dan Pemerintah Daerah dalam membangun daerah," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin saat menghadiri video konferinsi mengatakan, Pemerintah KSB tetap siap melaksanakan TMMD walaupun saat ini Indonesia termasuk KSB sedang menghadapi COVID-19.

Wakil Bupati meminta Camat Brangrea tetap intens berkoordinasi dengan Koramil dan Kodim 1628/SB untuk kelancaran dan suksesnya TMMD ke 108.

“Alhamdulillah terimakasih kepada anggota TNI yang sudah membantu masyarakat selama pandemi COVID-19 yang ada di Sumbawa Barat,” kata Bang Fud.

Menanggapi paparan Dandim dan Wakil Bupati KSB, Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani memberikan saran agar upacara pembukaa dan penutupan TMMD disesuaikan bila perlu di laksanakan di ruangan secara tertutup karena situasi covid-19.

“Dandim lebih tau situasinya dan merencanakan pra TMMD agar pelaksanaan nya lebih maksimal,” katanya.

“Tolong pengawas di lapangan harus benar-benar teliti supaya pada saat pelaksanaan TMMD dapat berjalan dengan lancar sehingga pembangunan tersebut sesuai yang kita harapkan,” tutupnya.