Sistem Merit ASN Sumedang Terbaik di Indonesia

Sumedang - Pelaksanaan Sistem Merit Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan masuknya Sumedang dalam empat besar pada Anugerah Meritrokrasi 2021 yang digelar di The Westin Grand Ballroom Surabaya, Selasa (7/12). 

Piala dan piagam penghargaan anugerah tersebut diterima oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan dari Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto didampingi Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto. 

Pemda Kabupaten Sumedang, dalam hal ini Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) meraih Kategori 'Sangat Baik' dengan nilai 328,5 dalam pelaksanaan Sistem Merit di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang. 

"Pada Tahun 2020 Kabupaten Sumedang meraih kategori 'Baik' dengan nilai 301,5. Pada Tahun 2021 kita targetkan meraih 'Sangat Baik'. Alhamdulillah bisa tercapai dengan nilai 328,5 dan menempati peringkat keempat nasional," ucap Sekretaris BKPSDM Kabupaten Sumedang Kusman Diana yang hadir mendampingi wakil bupati. 

Dikatakan Kusman, Sistem Merit sendiri merupakan suatu sistem manajemen kepegawaian yang menekankan pertimbangan dasar kompetensi bagi calon yang diangkat, ditempatkan, dipromosi dan dipensiunkan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. 

"Dengan Sistem Merit, diharapkan tercipta sumber daya ASN mendapakan yang benar-benar memenuhi kompetensi, kualifikasi dan mampu menunjukkan prestasi kerja," katanya. 

Kusman menambahkan, penerapan Sistem Merit dimaksudkan agar jabatan di birokrasi benar-benar diduduki orang-orang yang profesional, dalam arti kompeten dan melaksanakan tugas berdasarkan nilai dasar, kode etik dan kode perilaku ASN. 

"Indeks Sistem Merit yang diumumkan pada Anugerah Meritrokasi merupakan hasil evaluasi terhadap penerapan delapan aspek penerapan Sestem Merit di seluruh instansi pemerintah, termasuk di pemerintah daerah," tuturnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Erwan Setiawan bersyukur bahwa Kabupaten Sumedang meraih penghargaan tertinggi se-Indonesia dalam pelaksanaan Sistem Merit yang menunjukkan pelayanan kepegawaian ASN semakin baik. 

"Alhamdulillah kinerja pelayanan kepegawaian ASN Kabupaten Sumedang semakin baik. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya Anugerah Meritokrasi dari KASN dengan predikat terbaik keempat," ucapnya. 

Wabup Erwan berharap agar raihan penghargaan tersebut memotivasi para ASN untuk bekerja lebih baik lagi demi mewujudkan Visi Sumedang Sejahtera  Agamis, Maju, Profesional dan Kreatif (Sumedang Simpati). 

"Ini patut disyukuri dan menjadi penyemangat untuk ASN di Kabupaten Sumedang sehingga 'Sumedang Simpati' segera terwujud," pungkasnya.