Bupati Muna Barat: Pariwisata Bukan Hanya Infrastruktur, Tapi Juga SDM

Jakarta - Bupati Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, Achmad Lamani menilai pembangunan pariwisata di Muna Barat tidak hanya soal mendorong infrastruktur penunjang saja, melainkan juga upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) para pelaku industri pariwisata.

"Hotel ataupun infrastruktur itu nomor dua, yang harus disiapkan adalah kesiapan SDM dalam menerima wisatawan yang datang berkunjung ke Muna Barat," ucapnya, saat berkunjung ke kantor Antara Digital Media, di Jakarta, Rabu (15/12), dalam rangka penandatanganan kerja sama dengan Antara Digital Media.

Ia juga menambahkan, upaya pemerintah dalam meningkatakan kualitas SDM itu dilakukan dengan cara melaksanakan pembinaan dan pelatihan kepada mereka soal pengelolaan tempat wisata.

"Saya meminta kepada jajaran untuk mengundang praktisi untuk membantu meningkatkan SDM dalam mengelola tempat wisata," katanya.

Selain kesiapan SDM, lanjut Achmad, kesiapan masyarakat lokal juga perlu menjadi perhatian pemerintah dalam menerima kedatangan wisatawan dari luar daerah.

"Kalau mereka sudah siap, mereka akan merasa nyaman dan tidak terganggu saat wisatawan datang berkunjung ke Muna Barat," jelasnya.

Sementara itu, ia juga meyakini bahwa tempat atau objek wisata yang ada di Muna Barat seperti di Pulau Gala ataupun tradisi Pogiraha Adhara, akan dirindukan oleh wisatawan.

"Saya yakin suatu saat masyarakat baik dari Provinsi Sulawesi Tenggara dan juga luar provinsi akan tertarik untuk berkunjung ke Muna Barat," pungkasnya.