Pemkab Kapuas dan Pemprov Kalteng Rakor Pencegahan Karhutla

Kuala Kapuas - Wakil Bupati Kapuas M Nafiah Ibnor bersama dengan seluruh pemerintah kabupaten/kota mengikuti rapat koordinasi melalui video conference dengan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah membahas pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat memasuki musim kemarau.

Dalam keterangan tertulis, Jumat (5/6), rapat tersebut turut dihadiri Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Masrani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kusmiatie, Kepala BPBD Panahatan Sinaga, Kepala Dinas Kominfo Junaidi, Dandim 1011/Klk Lenkol Inf Ary Bayu Saputro, dan perwakilan dari Polres Kapuas.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menyampaikan terkait dengan antisipasi bahaya karhutla tahun ini, dirinya mengajak seluruh bupati/wali kota untuk bersama mewujudkan Kalimantan Tengah bebas kabut asap yang komitmennya telah disepakati pada pertemuan 4 November lalu.

"Ini adalah hasil evaluasi kita bersama terhadap kondisi yang dihadapi pada 2019. Untuk itu saya minta bupati dan wali kota menindaklanjuti  komitmen bersama tersebut, serta dapat menggerakkan seluruh potensi yang ada di setiap desa untuk bersama-sama berperan dalam upaya mencegah terjadinya karhutla," ungkap Sugianto.

Serta orang nomor satu di Kalimantan Tengah ini menegaskan  bahwa daerah gambut yang rentan pembakaran apabila kemarau kering terus menerus, tidak boleh ada pembakaran. (hmskmf)