Pemkab Pasuruan Maksimalkan Program PAMSIMAS

Pasuruan - Program PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) bertujuan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat dalam hal pelayanan air minum serta sanitasi yang berkelanjutan.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron pada saat menerima kunjungan Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri, (Kemendagri) Yusharto Hantoyungo di Desa Ketanireng, Kecamatan Pandaan, Sabtu (8/1).

Target PAMSIMAS, untuk meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat. Agar program berjalan optimal, Pemerintah Kabupaten Pasuruan memastikan betul ketersediaan air bersih dan kelayakan kondisi sanitasi di pedesaan. Terlebih selama ini Desa merupakan salah penyangga kehidupan masyarakat yang luas.

Setidaknya ada 90 Desa yang tersebar di 15 Kecamatan menjadi sasaran program PAMSIMAS. Diantaranya Desa Ketanireng, Kecamatan Prigen. Dalam pelaksanaannya di lapangan, ada beberapa permasalahan yang masih dijumpai. Seperti masih ada satu Desa yang berstatus tidak berfungsi yaitu Desa Jeladri, Kecamatan Winongan. Penyebabnya karena belum adanya perjanjian kerjasama dengan PDAM yang merupakan operator Sistem Penyediaan Air Minum Ibu Kota Kecamatan (SPAM IKK) Lumbang.