Launching Vaksinasi Booster, Pemkab Natuna Imbau Masyarakat Segera Divaksin

Natuna - Pemerintah Kabupaten Natuna bersama TNI dan Polri, melakukan pencanangan vaksinasi dosis ketiga (booster) di Gedung Wanita, Kamis (13/1).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda menyampaikan terima kasih kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi demi memperkuat antibodi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada mendagri yang telah me-launching vaksin booster untuk Kepulauan Riau khususnya. Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang sudah vaksin kedua yang sudah lebih dari 6 bulan, agar mengikuti vaksin booster ini untuk memperkuat antibodi kita. Karena kemungkinan antibodi kita akan melemah, maka akan diperkuat dengan booster supaya ketahanan tubuh kita menghadapi pandemi semakin kuat,” kata Rodhial.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah menjelaskan bahwa target vaksinasi booster pada hari ini adalah 300 orang, dan keseluruhannya sebanyak 52.000 jiwa.

“Hari ini kita sedang melakukan launching vaksinasi booster dengan sasaran lansia dan umur 18 ke atas, target kita untuk hari ini sebenarnya sekitar 300 orang, mudah-mudahan tercapai. Sedangkan target secara keseluruhan di Kabupaten Natuna dari provinsi itu sekitar 52.000 jiwa,” jelasnya.

Selanjutnya, Hikmat juga mengatakan bahwa vaksinasi booster ini harus dilakukan, sesuai dengan hasil penelitian oleh WHO bahwasanya antibodi kita harus ditingkatkan setelah vaksin dosis lengkap.

“Kenapa kita perlu melakukan booster? Karena menurut penelitian dari WHO bahwa setelah diberikan dua kali vaksin atau dosis lengkap ternyata antibodi kita itu menurun, sehingga untuk meningkatkan kembali antibodi kita maka perlu dilakukan dosis ketiga atau booster. Vaksin booster dilakukan dengan tiga jenis vaksin. Jika dosis pertama dan kedua Sinovac, maka yang diberikan adalah Pfizer atau AstraZeneca untuk booster-nya. Sedangkan jika pada dosis pertama dan kedua mereka AstraZeneca, maka dosis ketiga diberikan Moderna,” terangnya.

Kemudian, Hikmat juga mengimbau masyarakat Natuna untuk melakukan vaksin, baik itu vaksin booster, vaksin kedua atau bahkan yang belum vaksin sama sekali. Karena menurutnya, vaksin adalah salah satu upaya untuk mencegah COVID-19.