Bupati Kubu Raya Ikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Lapangan Bola PT Mitra Aneka Rejeki (PT MAR) Desa Sungai Deras yang dipimpin oleh Kapoda Kalimantan Barat Irjen Pol Suryanbodo Asmoro pada Senin (24/1).

Ditemui usai kegiatan, Bupati Muda mengatakan bahwa apel kesiapsiagaan ini merupakan pertanda bagi seluruh elemen masyarakat Kalimantan Barat untuk selalu siap siaga dalam menjaga hutan terlebih pada daerah gambut supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Sementara itu, Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro menyambut baik kesiapsiagaan badan usaha PT MAR yang telah menyiapkan diri terhadap apel karhutla. Dirinya juga mengatakan bahwa karhutla di Kalimantan Barat sudah menjadi siklus di setiap tahunnya. Oleh sebab itu ia berharap agar seluruh elemen masyarakat dapat memiliki kesiapsiagaan yang sama dalam rangka membantu internal dan juga masyarakat eksternal.

Seusai apel, kapolda dan bupati Kubu Raya beserta jajaran lakukan pengecekan sarana dan prasarana, penyerahan alat, penanaman pohon serta melakukan simulasi pemadaman api dan penanganan karhutla yang diikuti oleh 450 personil dari unsur TNI AD, Satbrimob, Ditpolairut, Disamapta, Dipamovit, Ditbinmas, Polres Kubu Raya, Polresta Pontianak, Ditreskrimsus, SAR, Sporc, Manggala Agni, Pemadam Perusahaan, Masyarakat Anti Api serta Badan dan Dinas Terkait.