Dishub Kubu Raya Siapkan Empat Pos Operasi Lilin Kapuas 2022

Kubu Raya - Dinas Perhubungan bersama Polres Kubu Raya menyiapkan tiga Pos Pelayanan (Posyan) dan satu Pos Pengamanan (Pospam) pada Operasi Lilin Kapuas 2022 dalam rangka pengamanan perayaan Tahun Baru Imlek 2573/2022.

“Tiga Posyan yang kami siapkan ini diantaranya terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) Sungai Ambawang, Simpang Desa Kapur dan Desa Parit Baru serta di Dermaga Rasau Jaya. Sedangkan Pospam kami siapkan dan khususkan di Bandara Internasional Supadio”, kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya Odang Prasetyo di ruang kerjanya, Kamis (27/1) pagi.

Odang mengatakan, sesuai arahan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, yang mana pada persiapan perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2573 tahun 2022 ini, pihaknya bersinergi bersama Polres Kubu Raya untuk melakukan pengaman dan kepatuhan protokol kesehatan (prokes) di tiga Posyan dan satu Pospam.

“Berdasarkan hasil rapat di Mapolda Kalbar beberapa hari lalu, dalam persiapan perayaan Imlek dan Cap Go Meh ini, Polda Kalbar dan Polres Kubu Raya akan menggelar Operasi Lilin Kapuas 2022," kata Odang.

Odang menuturkan, dalam Operasi Lilin Kapuas 2022 ini pihaknya menekankan pengamanan pelaksanaan dua parayaan besar tersebut, termasuk juga mengantisipasi penyebaran COVID-19 yang saat ini belum berakhir.

“Dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh ini, kami mempunyai tugas tambahan baru, bagaimana kita melakukan pencegahan COVID-19. Mengingat di Kabupaten Kubu Raya ada beberapa tempat yang menjadi potensi rawan penyebaran COVID-19, terutama di tempat-tempat keluar masuknya orang dari luar Kubu Raya, seperti di Bandara Internasional Supadio, Terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) Sungai Ambawang, dan Dermaga Rasau Jaya," tuturnya.

Odang menyampaikan, berdasarkan data Bandara Internasional Supadio, sejak beberapa hari yang lalu telah terjadi peningkatan jumlah penumpang dari Jakarta ke Pontianak maupun sebaliknya dan rute domestik lainnya. yang mana pada hari biasanya jumlah penumpang 4-5 ribu orang, namun jelang Imlek dan Cap Go Meh mencapai 5 ribu sampai 6 ribu orang per harinya.

“Kami bersama intansi terkait tetap terus meningkatkan kewaspadaan dan memberikan himbauan dan penyuluhan kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan disiplin prokes sesuai dengan protap yang sudah ditetapkan pemerintah," ujarnya.

Mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Bandara Internasional Supadio, Odang menambahkan, pihaknya bersama instansi terkait telah berkoordinasi dengan Executive General Manager (EGM) Angkasa Pura II Akbar Putra Mardhika untuk melakukan pengikatan kepatuhan protokol kesehatan (prokes). Meski dinilai sudah baik, namun karena adanya dua momentum hari besar ini dan adanya indikasi masuknya varian omicron di Indonesia yang terus bertambah di DKI Jakarta, tentunya diikuti dengan pergerakan orang dari Jakarta ke Pontianak.

“Ada 20 personel Dishub yang kami turunkan yang tersebar di Posyan dan Pospam, yang mana masing-masing Posyan dan Pospam terdapat 3 orang serta menempatkan 1-2 personel kami di setiap kelenteng untuk memberikan rasa aman bagi umat yang menjalankan ibadah. Sedangkan personel lainnya bertugas secara mobile dengan melakukan patroli di sejumlah titik rawan kemacetan," tutup Odang.