Presiden Jokowi Instruksikan Percepatan Akselerasi Vaksinasi COVID-19

Muara Enim - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mendampingi Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Toni Harmanto mendengarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual dalam agenda Vaksinasi Serentak di 34 Provinsi se-Indonesia di Ballroom Hotel Grand Zuri, Kota Muara Enim, Kamis (17/2).

Dalam arahanya di hadapan para Pimpinan Daerah se-Indonesia, Presiden Jokowi mengatakan, kasus COVID-19 mengalami kenaikan yang signifikan khususnya pada varian Omicron.

Untuk itu, dirinya menginstruksikan kepada seluruh Pimpinan Daerah bersama dengan Unsur Forkopimda di tiap daerah masing-masing  untuk mempercepat akselerasi vaksinasi baik itu vaksinasi primer maupun vaksin penguat atau booster bagi masyarakat serta untuk terus menerapkan protokol kesehatan (prokes) yakni memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

Lebih lanjut Jokowi menekankan pentingnya percepatan vaksinasi bagi kelompok rentan, terutama kepada kelompok lanjut usia atau lansia dan anak.

“Pasalnya, penyebaran varian Omicron yang sangat cepat bisa mengancam kelompok rentan, termasuk terhadap orang yang belum divaksin,” ucap Jokowi.

"Silakan Bapak/Ibu Bupati/Walikota jika mengalami kendala baik itu kekurangan dosis vaksin atau perihal lainnya bisa langsung berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, karena untuk menangani masalah COVID-19 ini kita memerlukan kerja sama yang tentunya melibatkan seluruh pemangku kewajiban baik itu di pemerintah pusat maupun daerah,'' ujar Jokowi.

"Saya berikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pemda yang telah bersinergi bersama demi mempercepat akselerasi vaksinasi COVID-19 di faerah masing-masing," pungkas Jokowi.