Pemkab Kubu Raya Realisasikan Pembentukan Kecamatan Kumpai Raya

Kubu Raya - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Amini Maros mengatakan tahun 2022 Pemkab akan melakukan pembentukan Kecamatan Kumpai Raya dari Kecamatan Sungai Raya.

"Kecamatan Sungai Raya ini sudah layak untuk dimekarkan, karena usulannya sudah cukup lama, bahkan sebelum terbentuknya Kabupaten Kubu Raya. Hal yang pertama dilakukan ialah penentuan batas desa, sehingga 20 desa di Kecamatan Sungai Raya ini sudah harus jelas dan selesai pada tahun ini," kata Amini Maros di Sungai Raya, Jumat (18/2).

Dia menjelaskan, karena syarat mutlak pemekaran kecamatan itu berada di batas desa, jika batas 20 desa itu sudah selesai, maka baru bisa dilakukan proses pemekaran.

"Kita targetkan pembentukan Kecamatan Kumpai Raya terealisasi pada tahun 2022 ini, karena pada tahun 2023 nanti sudah tidak ada lagi proses pemekaran," katanya.

Amini Maros menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya bersama Tim bidang pemerintahan dan Dinas Pemerintahan Desa untuk segera menyelesaikan batas wilayah desa. Selanjutnya dalam proses itu pada bulan Juni mendatang pihaknya akan masukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pembentukan Kecamatan Kumpai Raya.

"Ke depannya penentuan wilayah antara Kecamatan Sungai Raya dengan Kecamatan Kumpai Raya akan dibatasi dengan sungai Kapuas, yang mana 10 desa berada di sebelah kanan sungai Kapuas dan 10 desa lainnya berada di sebelah kiri sungai Kapuas. Insya Allah pada tahun 2023 mendatang Kecamatan Kumpai Raya sudah bisa berjalan," kata dia.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, pemekaran Kecamatan Kumpai Raya ini melalui proses dan perjalanan yang sangat panjang. Untuk itu, sebagai cikal bakal ibu kota kecamatan Kumpai Raya.

"Maka secara bertahap kita memfokuskan terhadap penataan infrastuktur di Desa Sungai Ambangah ini dan hal itu merupakan bagian dari upaya kita untuk memperkuat penataan desa-desa yang akan masuk ke dalam Kecamatan Kumpai Raya," kata Muda.