Komisi II DPRD Pangkep-Bapenda Gelar Raker Tingkatkan PAD

Pangkep - Komisi II DPRD Pangkep menggelar rapat kerja dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dengan agenda peningkatan potensi pendapatan asli daerah (PAD), di ruang sidang B kantor DPRD Pangkep, Selasa (22/2)

Rapat kerja dipimpin Ketua Komisi II DPRD Pangkep Irwan Nursaid, dan dihadiri sejumlah anggota dewan dari Komisi II. Sedangkan dari Bapenda Pangkep dihadiri oleh kepala Bapenda yang diwakili Sekretaris Kahar Mustakim serta sejumlah kepala bidang.

Dalam rakor ini, Komisi II DPRD Pangkep berharap agar Bapenda mengevaluasi sumber- sumber pendapatan asli daerah (PAD) baik yang bersumber dari Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) maupun dari sektor pajak daerah serta retribusi daerah untuk meningkatkan pendapatan daerah karena merupakan tanggung jawab bersama dalam pencapaian target.

Menurut Komisi II DPRD Pangkep, dalam usaha meningkatkan PAD, sektor pajak retribusi dan retribusi parkir sangat berpotensi untuk meningkatkan pendapatan daerah, Namun terkait ini perlu dicarikan strategi dan solusi bagaimana memaksimalkan. Begitu pula tanggung jawab beberapa perusahaan yang beroperasi di wilayah Pangkep dalam memenuhi kewajibannya.

Sementara itu, Sekretaris Bapenda Pangkep Kahar Mustakim dalam tanggapannya mengatakan, Bapenda selaku koordinator Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam usaha meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya pemasukan dari OPD terus dilakukan usaha untuk memenuhi target, strategi yang dilakukan adalah pada Desember 2021 telah dilakukan eksis data, memberikan motivasi bagaimana peran PAD terhadap pembangunan daerah dan ini dijadwalkan setiap bulan serta melakukan evaluasi strategi pencapaian target.

"Untuk meningkatkan PAD dari sektor pajak perusahaan, penagihannya terus dioptimalkan sesuai mekanisme,” tandasnya.