Pemkab Tojo Una-Una Gelar Musrenbang RKPD 2023

Tojo Una-Una - Wakil Bupati Tojo Una-Una Ilham Lawidu membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 di Auditorium Kantor Bupati, Kecamatan Ratolindo, Selasa (29/3).

"Pada dasarnya keluaran Musrenbang akan menjadi masukan yang sangat penting dalam rangka perumusan dan penyempurnaan RKPD Kabupaten Tojo Una-Una tahun 2023, yang selanjutnya akan dijadikan acuan/pedoman dalam penyusunan kebijakan umum Anggara (KUA), serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

"Berkenaan dengan hal tersebut saya memandang bahwa Musrenbang ini merupakan momentum penting untuk menyatukan pola pikir/aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan serta mengintegrasikannya dengan berbagai bidang urusan Pemerintahan. Baik yang merupakan urusan wajib maupun urusan pilihan serta yang bersifat sektoral maupun lintas sektoral dari pemerintah pusat dan provinsi," lanjutnya.

Wabup mengatakan. Musrenbang RKPD Kabupaten Tojo Una-Una diawali dengan kegiatan serupa di tingkat desa dan kecamatan. serta forum organisasi perangkat daerah yang melibatkan segenap stakeholder pembangunan. Semua ini mencerminkan bahwa mekanisme perencanaan pembangunan telah mengedepankan prinsip partisipatif, demokratis, transparansi serta perencanaan terpadu.

"2023 merupakan tahun kedua periode RPJMD 2021-2026, untuk itu program-program kegiatan yang dilaksanakan oleh perangkat daerah harus mampu dilaksanakan untuk memenuhi target indikator makro daerah sebagaimana yang telah ditetapkan," ujarnya.

"Saya mengajak kepada semua dengan segala pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki untuk mengintegrasikan, mendialogkan pikiran dan pandangan masing-masing, guna mempercepat langkah dan memacu kinerja pembangunan di Kabupaten Tojo Una-Una," tutup wabup.