Bunda PAUD se-Kabupaten Pangkep Resmi Dilantik

Pangkep – Ketua Bunda PAUD Kabupaten Pangkep Nurlita Wulan Purnama mengukuhkan Bunda PAUD tingkat kecamatan dan lurah atau desa dengan disaksikan Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL), di ruang pola Kantor Bupati, Selasa (29/3).

Nurlita Wulan Purnama menyampaikan, hadirnya Bunda PAUD di setiap desa/kelurahan diharapkan program pemerintah terkait PAUD holistik dan integratif dapat terlaksana di setiap wilayah.

“PAUD holistik dan integratif itu sendiri, dalam satu wilayah ada BKB, posyandu dan PAUD, sehingga ketiga unsur ini tidak terpisahkan. Peran Bunda PAUD mirip dengan PKK, bagaimana kita menciptakan generasi emas, salah satunya, dengan menekan angka stunting di Pangkep,” jelas istri Bupati Pangkep tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkep Sabrun Jamil menerangkan, PAUD harus mendapatkan perhatian serius karena merupakan pondasi menuju jenjang pendidikan berikutnya.

“Harus ada kerjasama semua pihak, baik lembaga pendidikan, orang tua dan unsur lainnya, data saat ini, tercatat sebanyak 313 lembaga PAUD di Pangkep dengan jumlah peserta sebanyak 3.118 anak,” katanya.

Sabrun menjelaskan, PAUD holistik dan integratif merupakan pengembangan anak usia dini secara terpadu dengan berbagai pihak, peranan Bunda PAUD menjadi figur sentral diharapkan memberi motivasi dalam pengembangan anak usia dini.

“PAUD holistik integratif, harus mendapat dukungan lintas sektoral dinas kesehatan terkait gizi anak, DP2KBP terkait penanganan usia balita termasuk dalam penanganan stunting, dinas sosial, pemberian bantuan untuk gizi anak,” harapnya.