Bakesbangpol Banjar Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda

Martapura - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banjar kembali menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan “Pentingnya Penguatan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda” di Aula Bakesbangpol setempat, Martapura, Rabu (30/3).

Kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Safrin Noor dengan menghadirkan Narasumber dari Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel Dwi Haridana, Kodim 1006 Banjar Jumarudin serta mengundang Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Banjar, Ormas Kepemudaan dan Masyarakat.

Safrin Noor menyampaikan, tujuan sosialisasi ini untuk menanamkan rasa nasionalisme terhadap generasi muda dan kegiatan ini paling penting bagi negara agar dapat disebarkan kepada masyarakat sebagai wujud cinta terhadap bangsa dan negara.

"Wawasan kebangsaan dapat dimulai dari diri sendiri, kemudian keluarga, komunitas, desa, hingga skala yang lebih besar seperti negara, empat konsensus dasar merupakan aspek penting yang harus ditanamkan mulai dari diri sendiri," ujar Safrin.

Dijelaskannya, nilai-nilai dalam empat konsensus dasar mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, NKRI, dan semboyan Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa. Dalam semboyan itu, ia menekankan pada aspek persatuan dalam setiap perbedaan yang ada. Setiap agama, aliran, dan pemikiran tertentu selalu memiliki makna dan tujuan yang sama, sebabnya persatuan merupakan hal yang mutlak dalam keberagaman yang ada,"papar dia.

Jumarudin menyampaikan pentingnya wawasan kebangsaan bagi generasi milineal dalam pengabdian kepada NKRI.

Ia mengatakan, dengan pendidikan Pancasila akan meningkatkan akhlak mulia dan pembangunan karakter bangsa. Sebagai ideologi dan dasar negara Pancasila mempunyai fungsi sebagai acuan dalam mempersatukan Indonesia.

"Ayo berjuang untuk kedaulatan Indonesia sesuai porsinya masing-masing. Bisa memberikan wawasan biar sama-sama mencintai Tanah Air Indonesia,” pungkasnya.