Dispersip Banjar Lakukan Pendampingan Pengelolaan Arsip di Kecamatan Aranio

Martapura, InfoPublik Antara Digital - Guna memberikan pembekalan terhadap pengelolaan arsip, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar lakukan pendampingan pada Pemerintah Kecamatan Aranio. Praktik penyusunan arsip secara antusias, diikuti oleh Sekretaris Kecamatan, Kasubag Umum dan Kepegawaian dan beberapa Staf yang bertugas di Sekretariat Kecamatan, Kamis (31/3/).

Sekretaris Camat Aranio Apolina mengaku bersyukur kegiatan pendampingan di Kantor Pemerintah Kecamatan Aranio dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dikatakannya, tidak ada kata sulit dan tidak bisa, bagi mereka yang mau maju dan berkehendak baik untuk menata arsip.

"Arsip adalah teman yang baik, yang pada saat yang tepat pasti diperlukan. Semoga hasil pendampingan ini terus ditindaklanjuti dan bisa diimbaskan kepada desa-desa yang ada di Kecamatan Aranio," harapnya.

Ia memaparkan, arsip pada dasarnya hanya sebuah kumpulan berkas yang kadang kala memenuhi ruang kerja jarang tersentuh. Namun akan menjadi sangat penting saat diperlukan pada saat yang tepat.

"Tolak ukur seorang arsiparis dapat dikatakan profesional apabila dapat mengelola arsip dengan baik dan dapat menemukan berkas-berkas yang diperlukan dalam hitungan detik atau menit, jika sewaktu-waktu berkas diperlukan. Kenyataan di lapangan masih banyak berkas-berkas yang ada di SKPD maupun di kecamatan saat diperlukan, sangat sukar ditemukan,” pungkasnya.