DPRD Tanah Datar Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPJ 2021

Batusangkar -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar menyampaikan rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun Anggaran 2021, pada Rapat Paripurna DPRD, Senin (25/4).

Sidang yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt Bungsu didampingi Wakil Ketua Saidani dan Anton Yondra diikuti 24 orang anggota yang hadir serta dihadiri Forkopimda, Sekretaris, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD dan Camat se-Tanah Datar.

Peyampaian hasil kesepakatan bersama anggota DPRD Tanah Datar sebanyak 22 rekomendasi dibacakan melalui Juru Bicara Wakil Ketua Saidani, antara pemerintah daerah diharapkan untuk mengatasi masalah kesejahteraan sosial mulai dari kevalitan data dan kelayakan penerima manfaat sehingga bantuan pemerintah tepat pada sasaran.

Selanjutnya, pemerintah daerah juga diminta untuk secapatnya menyelesaikan permasalahan tapal batas mulai nagari, kecamatan sampai kabupaten, melakukan evaluasi kinerja terhadap beberapa OPD terkhusus Dinas Pendidikan melalui kebijakan dan instruksi mengakibatkan terpengaruhnya proses pendidikan di Tanah Datar.

Selanjutnya, Saidani menyampaikan, Pemda agar meningkatkan pengawasan dan antisipasi bersama dalam menyikapi maraknya narkoba dan penyakit sosial masyarakat di wilayah Tanah Datar, kegiatan pembanguan infrastruktur jalan-jalan untuk dapat melakukan terobosan guna peningkatan kelancaran akses ke Tanah Datar.

Sementara itu, Bupati Eka Putra menyampaikan, rekomendasi DPRD merupakan bahan dalam penyusunan perencanaan pada tahun berjalan dan tahun berikutnya, penyusunan anggaran pada tahun berjalan dan tahun berikutnya dan penyusunan peraturan daerah, peraturan kepala daerah, dan/atau kebijakan strategis kepala daerah.

Pelaksanaan program dan kegiatan pada tahun 2021, telah diusahakan untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya bagi kepentingan segenap lapisan masyarakat.

“Keberhasilan yang dicapai, merupakan hasil kerjasama semua antara pemerintah daerah dan DPRD, dengan dukungan forum koordinasi pimpinan di daerah dan stakeholders lainnya,” ungkap bupati.

Lebih lanjut bupati mengatakan, selaku kepala daerah tiada henti-hentinya mengimbau jajarannya untuk senantiasa meningkatkan kinerja, dengan tulus dan ikhlas dalam menjalankan tugas demi kemajuan Luhak Nan Tuo dan kepemimpinan dengan tetap melanjutkan program-program yang baik sebagaimana telah dilaksanakan sebelumnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupayi Eka Putra juga menyampaikan pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 10 tahun berturut-turut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dari BPK RI, Peringkat II Kategori Kabupaten atas Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Sumatera Barat dan Kabupaten Tanah Datar Termasuk salah satu dari 10 kabupaten, yang realisasi pendapatannya tertinggi pada triwulan 1 pada tahun 2022.

Di akhir sambutan, bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terwujudnya pembangunan secara moril maupun materil kepada pemerintahan di Tanah Datar.