Dusun Keramat Satu Kembali Raih Juara Umum MTQ Desa Kuala Dua

Kubu Raya - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) kedua tingkat Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, resmi ditutup, Senin (30/5) malam. Dusun Keramat Satu kembali berhasil mempertahankan predikat juara umum MTQ ke II tingkat Desa Kuala Dua tahun 2022.

MTQ tingkat desa Kuala dua yang berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 27 sampai 30 Mei 2022 ini diikuti sebanyak 125 peserta yang tersebar di empat dusun, yang terdiri dari cabang Tilawah 31 peserta, cabang Tartil anak-anak 33 peserta, Tahfidz 41 peserta, Syarhil Qur’an 17 peserta, Fahmil Qur’an 11 tim (1 tim 3 peserta) dan cabang Khattil Qur’an 11 peserta.

Kepala Desa Kuala Dua Abbas mengatakan, MTQ yang digelar kali ini merupakan kedua kali sejak dirinya menjabat kepala desa, yang mana MTQ tingkat desa Kuala Dua yang perdana dilakukan pada September 2020.

“Pelaksanaan MTQ kedua tingkat Desa Kuala Dua ini sebenarnya dilakukan pada tahun 2021, namun pada tahun lalu pandemi COVID-19 cukup berbahaya, sehingga pelaksanaannya terpaksa kami dtunda dan baru bisa kami lakukan pada tahun ini," kata Abbas.

Dirinya menyampaikan, kesuksesan MTQ kali ini akan memacu dan mendorong Pemerintah Desa Kuala Dua untuk bisa kembali mensukseskan MTQ ketiga nantinya yang akan digelar di Dusun Karya Satu.

“Saya harap masyarakat di Dusun Karya Satu bisa mengemban amanah ini dengan baik demi suksesnya MTQ tingkat Desa Kuala Dua. Selanjutnya untuk MTQ keempat Desa Kuala Dua akan digelar di Dusun Karya Dua," ujarnya.

Abbas menuturkan, Pemerintah Desa Kuala Dua berencana akan mengagendakan MTQ ini setiap tahunnya dan pihaknya juga berupaya menganggarkan pelaksanaannya.

“Saya mengajak masyarakat dan semua pihak untuk bersama-sama membangun desa ini sehingga pembangunan di desa Kuala Dua ini bisa dirasakan manfaatnya bagi kuta semua," ajaknya.

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi Pemerintah Desa Kuala Dua berserta jajaran, baik dusun, RT/RW, LPM, BPD yang telah bekerja keras mensukseskan MTQ kedua ini.

"Digelarnya MTQ ini telah menimbulkan suasana batin yang jauh memberikan dampak baik bagi semua rumah tangga. Kondisi ini membuktikan dan menimbulkan serta benar-benar nampak bibit-bibit yang luar biasa dari Desa Kuala Dua. Tentunya kondisi ini suatu yang membanggakan bagi Kubu Raya," pungkanya.