Bupati Irna Resmikan Gedung Baru Puskesmas Pandeglang

Pandeglang – Bupati Pandeglang Irna Narulita meresmikan gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pandeglang, di Kp. Cijeruk, Kelurahan Kadomas, Senin (18/7).

Selain meresmikan gedung baru Puskesmas, Bupati Irna juga secara simbolis meresmikan 11 sarana Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Puskesmas se-Kabupaten Pandeglang.

Dalam peresmian tersebut, Bupati Irna Narulita menegaskan, Pemerintah Kabupaten Pandeglang terus berupaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Alhamdulilah gedung baru puskesmas Pandeglang bisa diresmikan, mudah-mudahan gedung puskesmas yang representatif ini mampu melayani kesehatan secara optimal dan diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemerintah sudah merenovasi sekitar 27 Puskesmas di Kabupaten Pandeglang.

"Tinggal tujuh puskesmas lagi yang belum tersentuh renovasi, akan tetapi kita terus upayakan untuk secepatnya dibangun, supaya semua pelayanan kesehatan di Pandeglang memiliki sarana dan prasarana yang representatif,“ ucapnya.

Irna menegaskan, pemerintah daerah berkomitmen akan terus meningkatkan pelayanan, agar kebutuhan dasar masyarakat terutama kesehatan bisa terpenuhi.

“Apabila sarana dan prasarana kesehatan bagus, ditambah sumber daya manusia yang mumpuni, tentu saja akan mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Raden Dewi Setiani mengatakan, sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan mengusulkan pembangunan Puskesmas dan 11 sarana Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) pada tahun 2021 ke Pemerintah Pusat, dan Alhamdulilah usulan tersebut disetujui oleh Kementerian Kesehatan.

“Puskesmas Pandeglang ini sudah beroperasi dan mudah-mudahan dengan gedung baru yang representatif ini dapat meningkatkan mutu pelayanan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Pandeglang,“ ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Pandeglang Eni Rohaniah menyampaikan apresiasi kepada pemerintah, karena telah memiliki bangunan puskesmas yang sangat megah.