Pemkab Tanah Datar Serahkan BST APBD Provinsi Tahap III

Tanah Datar - Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai (BST) APBD Provinsi tahap III di halaman kantor Wali Nagari Situmbuk Kecamatan Salimpaung, Rabu (1/7).

“Suasana yang kondusif tentu tidak terlepas dari rasa kebersamaan dan sifat lapang hati serta pikiran jernih dari seluruh unsur masyarakat, sehingga tidak ada gejolak yang cukup berarti terhadap penyaluran dana bantuan masyarakat terdampak COVID-19,” katanya.

Menurut Zuldafri, tercatat jumlah penerima bantuan baik yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kabupaten dan Dana Desa di Nagari Situmbuk sebanyak 64,3 persen.

“Kita patut apresiasi, tidak ada gejolak yang berarti tentunya ini berkat kerja keras Wali Nagari bersama perangkat dan unsur lainnya serta kesadaran yang tinggi dari masyarakat. Suasana ini patut dijaga dan dipertahankan demi kemajuan bersama,” ujarnya.

Wabup Zuldafri menghimbau kepada masyarakat untuk bisa mensyukuri bantuan yang sudah diterima.

“Kalau dilihat dari nominal bantuan sebesar Rp600 ribu per KK tentu tidak seberapa, namun sebagai bentuk perhatian pemerintah patut disyukuri. Mari kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan berdoa semoga pandemi COVID-19 ini bisa berakhir,” urainya.

Sementara Wali Nagari Situmbuk Epi Mardian Dt Paduko Majo Kayo mengungkapkan penduduk nagari Situmbuk berjumlah 893 Kepala Keluarga.

“Masyarakat Nagari Situmbuk penerima bantuan sejumlah 575 KK atau sudah 64,3 persen dari 893 KK. Selain itu ada juga masyarakat yang masuk kategori penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerima bantuan sembako,” paparnya.

Adapun rincian 575 KK yaitu 34 KK penerima bantuan dari APBN, 219 KK dari APBD Provinsi, 211 KK dari APBD Kabupaten dan 111 KK dari Dana Desa.(KominfoTD)