Dinkes Pangkep Nobatkan Mattiro Matae Desa ODF

Pangkep  – Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan, menobatkan Desa Mattiro Matae sebagai desa bebas buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF).

Kepala Dinas Kesehatan Pangkep, diwakili oleh Sekretaris Mansyur mengatakan, Desa Mattiro Matae merupakan desa ke-81 dari 103 desa/kelurahan di Pangkep yang berstatus ODF.

“Saat ini sudah ada 81 desa yang ODF, akhir tahun kita targetkan 103 desa/kelurahan yang ODF,” ujarnya di Pangkep, Rabu (20/7).

Selain itu, tambahnya, terdapat sanitarian pembanding yaitu Desa Mattiro Ujung dan Mattiro Matae dari Puskesmas Bungoro dan Puskesmas Mandalle.

“Meski sudah dinyatakan desa ODF, namun Dinas Kesehatan Pangkep tetap mengimbau Pemerintah Desa Mattiro Matae untuk mengajak warganya agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS),” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mattiro Matae Risal Idris mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Dinkes Pangkep yang telah melakukan verifikasi ODF di desanya.

“Rekomendasi dari Dinkes akan menjadi perhatian untuk kami bersama,” ungkap Rizal.

Diketahui, selama dua hari tim verifikasi dari Dinkes Pangkep melakukan verifikasi di Desa Mattiro Ujung dan Martiro Matae.