Gubernur Khofifah Pukul Bedug Tandai Peresmian Masjid BSI di Bromo

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memukul bedug menandai peresmian Masjid Bank Syariah Indonesia (BSI) yang terletak di area Penanjakan Gunung Bromo, Kabupaten Pasuruan, Jumat (22/7).



"Masjid ini memudahkan dan membuat nyaman warga setempat maupun wisatawan beribadah. Insya Allah juga memberi kebahagiaan di dunia dan akhirat," ujarnya di sela peresmian.



Dalam siaran pers diterima ANTARA di Surabaya, turut memukul bedug yaitu Direktur Utama BSI Hery Gunardi didampingi Plt. Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS).



Masjid yang berada pada ketinggian 2.680 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut, merupakan hasil renovasi yang dilakukan PT Bank Syariah Indonesia Tbk. bekerja sama dengan BB-TNBTS.



Dari masjid tersebut, pengunjung juga bisa menikmati sunrise (matahari terbit) di Bromo, sekaligus menjawab harapan wisatawan untuk menunaikan ibadah shalat shubuh di tempat representatif.



Selain itu, keberadaan Masjid yang masuk Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari tersebut menjadi bentuk sinergi kuat dari berbagai elemen strategis di Jatim dalam memberikan penguatan pelayanan bagi masyarakat.



Ke depan, Khofifah berharap keberadaan masjid ini dapat memperkuat peran dalam pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi umat, serta mendukung pemulihan sektor pariwisata di Bromo.



“"Saat ini masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah, melainkan pusat peradaban umat Islam karena dapat berfungsi dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi umat," ucap Khofifah.



"Oleh karena itu, masjid menyimpan potensi sangat besar dalam meningkatkan kesejahteraan umat," tambah orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.



Sementara itu, Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, kehadiran masjid di penanjakan ini diharapkan dapat mendukung pemulihan sektor pariwisata daerah dan Nasional.



"Ini juga wujud komitmen kami untuk terus memberikan nilai lebih baik dan manfaat lebih luas yang sejalan dengan semangat BSI menjadi sahabat finansial, sosial maupun spiritual bagi masyarakat," tuturnya.



BSI, kata dia, sejauh ini telah membangun sejumlah masjid seperti di Tol Cipali, Tol Cipularang, kawasan Merapi di Sleman, dan sekarang sedang membangun masjid di Bakauheuni Lampung.



Pada kesempatan sama turut diresmikan Mushola Bank Syariah Indonesia Jemplang di daerah Jemplang Bromo, Desa Ngadas, Poncokusumo, Kabupaten Malang. (Ant)