Bupati Cirebon Harap Kenaikan Kelas PN Sumber Bawa Penegakan Hukum Lebih Baik

Cirebon – Bupati Cirebon Imron mengatakan, kenaikan kelas Pengadilan Negeri (PN) Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon dari 1B menjadi 1A akan membawa perubahan signifikan, khususnya dalam penegakan hukum di wilayah setempat.

“Saya sebagai masyarakat sekaligus Pemerintah Kabupaten Cirebon mengucapkan selamat atas kenaikan kelas Pengadilan Negeri Sumber Kabupaten Cirebon. Semoga pelayanan hukum, termasuk penegakkan keadilan bisa berjalan lebih baik lagi,” ujar Imron di Cirebon, Kamis (21/7).

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Kombes Pol Arif Budiman mengamini pernyataan Bupati Imron. Ia mengakui selama ini komunikasi dan kerja sama yang terjalin dengan PN Sumber telah berjalan dengan baik.

“Dalam penegakan hukum, ada kategori Integrated Criminal Justice System, yang berarti kami di Polresta Cirebon sudah berintegrasi dengan baik dengan PN Sumber ini. Kerja sama dan komunikasi yang terjalin sangat memudahkan proses penyidikan oleh tim penyidik kami,” ujar Kombes Pol Arif.

Sementara itu, Ketua PN Sumber Hendra Halomoan menegaskan kenaikan kelas ini diikuti oleh komitmen untuk lebih baik, termasuk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hendra  menyebut pihaknya akan mengupayakan yang terbaik.

“Kenaikan kelas ini tentunya diharapkan makin memberikan pelayanan hukum lebih baik lagi. Selain itu, akan ada penambahan personil seperti hakim dan pegawai. Hakim di PN Sumber bisa bertambah menjadi 12-15 orang dari 10 orang dengan diikuti anggaran kantor yang berdampak pada penambahan sarana dan prasarana,” tandasnya.