DPRD Dukung Pemkot Banjarbaru Optimalkan PAD Melalui Pajak

Jakarta - DPRD Kota Banjarbaru mendukung penuh langkah Pemkot Banjarbaru dalam upaya mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor perpajakan, salah satunya dengan menggandeng Antara Digital Media.

"Kami menyambut dengan baik kerja sama Pemkot Banjarbaru dengan Antara Digital Media dalam penerapan sistem perpajakan pintar Smartax 365. Kami berharap ini segera terelealisasi," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Banjarbaru Taufik Rahman, saat mendampingi Wali Kota Banjarbaru M. Aditya Mufti Ariffin di Kantor Antara Digital Media, Senin (25/7).

Taufik menyebut, pendapatan pajak, khususnya dari kafe dan restoran di Kota Banjarbaru belum tergarap optimal, karena minimnya perangkat tapping box.

"Selama ini kami memungut pajak melalui tapping box yang disewa dari Bank Kalsel. Jumlahnya pun masih cenderung kurang, yakni hanya 100 unit. Kami meyakini banyak kebocoran pajak sehingga amanah tersebut tidak sampai optimal ke Pemkot Banjarbaru," ujarnya.

Dirinya juga menyayangkan kurangnya kejujuran dari para pengusaha kafe dan restoran yang sengaja mematikan tapping box untuk kemudian melakukan transaksi manual.

"Kami berharap para pelaku usaha memiliki kesadaran tinggi untuk bersama-sama mendukung pembangunan di Banjarbaru melalui peningkatkan PAD, caranya adalah dengan memenuhi kewajiban pajak," tutupnya.