Wali Kota Dumai Apresiasi Padat Karya oleh Disnav Dumai dan KSOP Pekanbaru

Dumai - Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh Indonesia terus menggelar kegiatan program Padat Karya dengan melibatkan masyarakat di sekitar wilayah kerja masing-masing.

Seperti pada Senin (8/8), Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Dumai bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Pekanbaru kembali menggelar kegiatan program Padat Karya tahap II.

Kegiatan ini dihadiri Wali Kota Dumai Paisal. Tampak hadir Anggota Komisi V DPR RI Efendi Sianipar dan Andi Maza'at, perwakilan Dirjen Perhubungan Laut, Pimpinan DPRD Kota Dumai, unsur Forkopimda Kota Dumai, Kepala Distrik Navigasi Dumai,

Program padat karya karya ini dilaksanakan dengan melibatkan warga sekitar, khususnya warga di lokasi Dermaga Navigasi, Mundam, ditandai dengan penyerahan alat kerja oleh Wali Kota Dumai Paisal dan stakeholder terkait kepada perwakilan masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan masyarakat selain untuk pemeliharaan aset operasional distrik navigasi berupa dermaga dan alat-alat kelengkapannya, juga dilaksanakan pembersihan drainase, penanaman pohon dan penghijauan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Dumai Paisal mengapresiasi implementasi kegiatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) oleh Distrik Navigasi Dumai bersama KSOP Kelas III Pekanbaru di Kota Dumai.

"Program padat karya ini sejalan dengan salah satu butir dari Program unggulan Dumai Berkhidmat yaitu Khidmat Kebersihan," tutur Paisal

Selain itu, kegiatan positif ini sangat membantu masyarakat untuk pulih bangkit dan memperbaiki ekonomi mereka. Terlebih hal ini sesuai dengan Tema HUT RI ke 77 "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

"Diharapkan kegiatan padat karya ini dapat membantu perekonomian warga tempatan, khususnya lagi masyarakat sekitar pusat operasi navigasi di Kelurahan Mundam ini,” ujar orang nomor satu Dumai itu.

Lanjut Paisal, pada dasarnya program padat karya yang digelar ini adalah untuk memberdayakan masyarakat sekitar, mengedukasi masyarakat untuk membangun pola hidup yang produktif, peran serta meningkatkan perekonomian warga, mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

Selain itu juga dimaksudkan untuk menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, asri dan nyaman untuk mendukung kinerja di bidang keselamatan pelayaran, serta menciptakan hubungan yang harmonis antara Pemkot Dumai bersama warga sekitar di lingkungan kerja.

“Saya berpesan kepada yang berkesempatan ikut dalam program padat karya kali ini, supaya benar-benar memanfaatkan momentum ini dengan baik, dan semoga melalui kegiatan ini dapat membantu dalam memenuhi pendapatan keluarga,” pungkasnya.