Pj Bupati Bekasi Dorong Kader PKK Aktif Entaskan Kemiskinan Ekstrem dan Stunting

Cikarang - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menghadiri puncak acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 tingkat Kabupaten Bekasi yang berlangsung di Gedung Swatantra Wibawamukti, Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, pada Selasa (9/8).

Acara yang bertajuk "50 Tahun Gerakan PKK Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama" itu juga dihadiri Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bekasi, Ria Sabaria Dani Ramdan, bersama para kader PKK dan camat se-Kabupaten Bekasi.

Dani mengatakan, Tim Penggerak PKK sebagai organisasi yang fokus pada pembinaan keluarga, diharapkan dapat ikut aktif dalam pengentasan kemiskinan ekstrem dan upaya menekan angka stunting di setiap desa, kelurahan dan kecamatan di Kabupaten Bekasi, sebagaimana program yang dicanangkannya.

"Karena kondisi faktual di Kabupaten Bekasi ini masih ada kemiskinan ekstrem, dan juga stunting, juga ada dampaknya ke pengangguran, maka karena PKK fokus di keluarga, sangat tepat jika PKK di tingkat desa, kecamatan di Kabupaten Bekasi ini menyasar keluarga miskin ekstrem dan keluarga stunting," kata Dani.

Pj Bupati Bekasi memberikan instruksi kepada para camat dan kepala desa, beserta kader PKK untuk membantu dalam proses penyisiran atau pendataan secara faktual mengenai keluarga yang mengalami kemiskinan ekstrem atau stunting.

Dani optimistis apabila semua Satuan Kerja Perangkat Daerah, PKK, dan semua pihak berperan serta, akan terlihat hasil yang signifikan dalam kurun waktu satu sampai dua tahun ke depan.

"Karena dengan keluarga yang menjadi sasaran, PKK bergerak, ada Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Baznas, semua CSR juga saya kira dalam satu sampai dua tahun ini bisa terentaskan, sehingga kita bisa menyasar keluarga lain yang membutuhkan," jelasnya.

Dani juga mengapresiasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Bekasi yang terus berperan aktif bersama Pemkab Bekasi dalam berbagai program dan kebijakan yang dijalankan.

"Apalagi pada pandemi COVID-19 kemarin, hampir semua kader PKK, Posyandu, menjadi penggerak. Mulai dari maskerisasi, vaksinasi, tracing, testing dan treatment melibatkan Kader PKK dan Posyandu," tuturnya.

Sementara itum Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bekasi, Ria Sabaria Dani Ramdan mengatakan pihaknya terus berupaya untuk berperan aktif dalam berbagai program yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui berbagai kegiatan.

"Karena Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah haruslah mampu menyelaraskan dengan program kebijakan pemerintah," ungkap nya.

Adapun program TP PKK Kabupaten Bekasi yang telah dijalankan meliputi pembinaan kepada Kader PKK melalui lomba-lomba tang edukatif dan kegiatan lainnya yang sejalan dengan program Pemkab Bekasi.

"Kami sudah melaksanakan beberapa kegiatan seperti lomba foto etnic, lomba MC, senam sehati, seminar parenting yang diikuti oleh seluruh Kader PKK Kabupaten Bekasi yang berkolaborasi dengan CSR," terangnya.