Bupati Majene dan Polman Sambut 35 Sandeq di Pantai Banggae

Polewali Mandar - Sebanyak 35 sandeq finish pada etape pertama di Pantai Banggae, Kabupaten Majene disambut oleh Bupati Majene Andi Syukri Temmalele bersama Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar, Selasa (30/8).

Pada etape ini, Sandeq Cahaya Sulbar lebih awal mencapai garis finish, menyusul Sandeq Cahaya Mandar, dan Sandeq Nur Amanah.

Ridwan Alimuddin selaku Ketua Panitia Lomba Festival Sandeq 2022 menjelaskan, pada pelayaran ini para passandeq menempuh garis finish dari Tanjung Silopo ke Pantai Banggai menempuh jarak 60 km dengan waktu tujuh jam.

"Setelah menempuh pelayaran hampir 7 jam dari Tanjung Silopo ke Pantai Banggae Kabupaten Majene jaraknya kurang lebih 60 km, jadi relatif lama karena angin datang dari arah barat ke arah timur, sedangkan perahu sandeq datang dari arah timur ke arah barat, sehingga untuk mencapai garis finish para passandeq menggunakan strategi mattarakai dengan membentuk sigzag dulu untuk bisa mencapai garis finish karena berlayar secara garis lurus tidak bisa," jelasnya

Setelah penyambutan para passandeq, malam harinya dilanjutkan acara pesta rakyat oleh masyarakat Kabupaten Majene dalam rangka memeriahkan Festival Sandeq 2022 serta penyerahan hadiah bagi para pemenang pada etape pertama yakni juara I sebesar Rp1.000.000, juara II sebesar Rp700.000 dan juara III sebesar Rp500.000.

Asdar perwakilan sandeq Nur Amanah yang meraih juara III mengatakan untuk mencapai garis finish pada etape pertama Festival Sandeq 2022 kali ini membutuhkan waktu agak lebih lama.