Launching Gerakan Menanam Cabai di Dumai, Gubernur Riau Harap Inflasi Turun

Dumai - Gubernur Riau Syamsuar melakukan launching serta menghadiri Gerakan Menanam Cabai dan Gelar Pasar Tani Murah Kota Dumai di halaman Kantor Camat Dumai Barat, Rabu (31/8).

Gerakan Menanam Cabai sebut dihadiri juga oleh Wali Kota Dumai Paisal, masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN), dalam rangka memperkuat ketahanan pangan daerah. Kegiatan tersebut juga untuk menggalakan ASN dan Kelompok Tani serta masyarakat dalam menanam cabai dengan mengoptimalkan pekarangan yang ada serta kegiatan ini juga upaya untuk penanganan Inflasi.

Dalam sambutannya Gubernur Riau Syamsuar menyebutkan bahwa ini merupakan tugas nasional dari Presiden Joko Widodo dan Tim Pengendali Pusat kepada seluruh Provinsi Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

"Permasalahan ekonomi ini merupakan masalah dari semua negara, ada 60 negara yang terdampak dalam krisis ekonomi ini termasuk krisis pangan kita juga mengalaminya, kita juga harus bekerjasama dan bergotong royong untuk mendukung ekonomi nasional, kalau kita bersatu maka inflasi dapat dikendalikan, hasil survei secara nasional kebutuhan cabai hanya 2 persen untuk nasional, sedangkan untuk orang sumatera ada 5 persen kebutuhan cabainya dan itu sangat tinggi," sebutnya.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan dengan adanya gerakan menanam cabai ini nantinya dapat membantu mengurangi kebutuhan sekarang yang terus meningkat.

"Semua kabupaten dan kota di Provinsi Riau akan kita gerakan untuk menanam cabai, akan kita dorong gerakan ini untuk mengurangi kebutuhan kita, dengan adanya usaha kita ini inflasi diharapkan dapat menurun, pertumbuhan ekonomi nasional dan regional dapat menjadi lebih baik dan krisis ekonomi ini dapat menurun," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Bank Indonesia Provinsi Riau Muhammad Nur menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk mengajak masyarakat untuk memperkuat ekonomi yang ada di Provinsi Riau.

"Selain untuk memperkuat ekonomi dalam menghadapi inflasi-inflasi sekarang, kegiatan ini juga untuk mengurangi ketergantungan kita dalam suply cabe kita, dan ini juga sangat penting dilakukan untuk mengenjot pertumbuhan ekonomi, apa yang sudah digerakan pada hari ini insyallah hasilnya akan jauh lebih baik," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bibit cabai secara simbolis oleh Gubernur Riau dan Wali Kota Dumai kepada ASN Kota Dumai, serta Kelompok Tani Wanita, dan juga dilakukan penanaman cabe dibelakang pekarangan Kantor Camat Dumai Barat.

Turut hadir juga pada kesempatan tersebut yaitu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Ketua TP-PKK Provinsi Riau, Asisten I, II, Forkopimda, Kepala OPD Kota Dumai, Camat dan Lurah se-Kota Dumai serta masyarakat.