Pj Bupati Bangkep Tekankan Sinergi Percepat Turunkan Stunting

Sambiut - Pj Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir, melakukan kunjungan kerja dalam rangka sosialisasi Peraturan Bupati tentang Peran Desa dalam Pencegahan dan Penanganan Stunting Terintegrasi dan Pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM) di Desa Sambiut, Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Senin (19/9).

Bupati Ihsan Basir menyampaikan bahwa stunting telah menjadi program nasional dan sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 440/1959/Sj tentang intervensi penurunan stunting terintegrasi menekankan diperlukan ada kepastian hukum di daerah mengenai peraturan yang mengatur peran desa dalam pencegahan dan penurunan masalah kekuragan gizi tersebut.

"Pemerintahan desa memang sangat penting dalam pembangunan daerah, apalagi dalam hal ini kepala desa bersama aparat desa bersentuhan langsung dengan masyarakat," ucap bupati.

Menurutnya, pemerintah kabupaten dan kepala desa, aparat, masyarakat harus bersinergi untuk percepatan dan penurunan stunting di Kabupaten Banggai Kepulauan.

Di akhir sambuta, bupati mengimbau kepada seluruh peserta sosialisasi agar mengikuti kegiatan dengan serius sehingga ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Bangkep Rahmad Labou, dalam sambutannya mengatakan bahwa laporan kegiatan untuk penanganan stunting harus dilaporkan agar dapat mengontrol keadaan di masing-masing desa.

"Setiap desa dapat bekerjasama dengan Dinas Kominfo agar dapat diketahui dengan sistem informasi, bagaimana mengumpulkan data untuk mengetahui informasi," ujar kadis PMD.

Kadis juga meminta di setiap desa dapat melaporkan data mengenai stunting.

"Kami minta segera melaporkan data di masing-masing Desa yang kami harapkan harus cepat di masukan," katanya.

Turut hadir, Asisten I Setda Abderiana Loto, Kadis Kominfo Ratnasari N. Turungku, Wakil Kepala Dinas Kesehatan Eriyati Mando, Sekcam Totikum Haerudin, Kapolsek Totikum diwakili IPDA Siplan, Kepala Desa se-Kec. Totikum dan masyarakat setempat.