Plt Bupati Bogor Pastikan Kebutuhan Warga Terdampak Pergerakan Tanah Terjamin

Babakan Madang - Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengunjungi korban bencana pergerakan tanah di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Senin (19/9). Iwan memastikan kebutuhan warga terdampak bencana pergeseran tanah terjamin.

Iwan mengatakan, dirinya hadir untuk memastikan dan meyakinkan kebutuhan masyarakat yang terdampak, baik makan dan minum, sewa rumah, dan kebutuhan lainnya terjamin.

“Kami akan segerakan untuk mencairkan biaya sewa tempat tinggal, karena bagaimanapun tinggal di pengungsian tidaklah nyaman. Kemudian untuk kebutuhan makan dan minum, dapur umum kita selalu siagakan. Selanjutnya, bagi yang terdampak secara psikis tentunya kita akan bantu lewat trauma healing,” terang Iwan.

Iwan melanjutkan, jadi untuk penanganan jangka pendeknya kita sudah mengalokasikan anggaran untuk sewa tempat tinggal bagi penduduk yang terdampak. Kedua, bantuan makanan sudah siap, baik dari Dinas Sosial maupun BPBD.

“Ketiga, untuk membantu mobilisasi di lokasi yang sifatnya darurat, kami sudah menurunkan alat berat untuk meratakan tanah agar bisa dilalui. Namun melihat kondisi tanah disini masih labil, kami masih gunakan alat ringan untuk membuat jalan sementara,” kata Iwan.

Iwan menambahkan, penanganan jangka panjangnya yakni kami akan membuat rekomendasi terkait status tanah di wilayah ini. Jangan sampai terjadi kembali peristiwa serupa, sementara masyarakat masih bermukim di atas tanah ini. Jadi memungkinkan bagi yang terdampak akan kita lakukan relokasi ke zona aman.

“Saya ingin ada kajian yang lebih maksimal, agar saat kita relokasi tidak ada lagi yang tinggal di atas tanah ini. Dan nantinya kualitas rumah yang dibangun pun harus berbeda, yakni yang didesain khusus anti gempa,” ujar Iwan.

Iwan menjelaskan, untuk relokasi, di daerah ini masih banyak tanah yang milik pemerintah, dan kita juga akan berkoordinasi dengan pihak lainnya, agar relokasi bisa dilakukan dengan baik dan mudah-mudahan prosesnya bisa cepat.