Pemkab Muara Enim Gelar Sosialisasi JRA Substantif dan Fasilitatif 2022

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Sosialisasi Penyusunan Jadwal Retensi (JRA) Substantif dan Fasilitatif yang digelar di Hotel Griya Serasan Sekundang, Kota Muara Enim, Selasa pagi (20/9).

Dalam sambutannya saat membuka secara langsung giat Sosialiasi JRA Substantif dan Fasilitatif, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim  Riswandar menuturkan, sebagaimana diketahui bahwa arsip hadir dalam setiap sendi kehidupan arsip merupakan warisan yang unik dan tidak tergantikan melintasi satu generasi ke generasi berikutnya, arsip memiliki peranan penting dalam pengembangan masyarakat untuk menjaga memori individu dan kolektif bangsa arsip sebagai identitas dan jati diri bangsa sebagai memori acuan dan bahan pertanggung jawaban nasional dalam penyelenggaraan pemerintah.

"Dengan tersusunnya JRA di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, maka organisasi perangkat daerah akan mempunyai pedoman untuk melaksanakan program penyusunan dan penyelamatan arsip secara sistematis mudah dalam berkesinambungan," ujar Riswandar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim Panca Surya Diharta menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menciptakan sistem penyelenggaraan kearsipan yang komprehensif dan terpadu demi terwujudnya tertib arsip dan statis di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim sehingga mempunyai pedoman dan dalam melaksanakan penyusutan dan penyelamatan arsip.

"Tentunya harapan kami kedepan melalui sosialisasi JRA ini dalam hal kearsipan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim sendiri khususnya dapat lebih baik lagi dalam mengelola dan mendata arsip yang berkaitan dengan penyelenggaraan kepemerintahan," pungkas Panca.

Turut hadir, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab. Muara Enim ataupun yang mewakili, serta para Peserta Sosialisasi yang berasal dari OPD lingkup Pemkab Muara Enim.