Bupati Banjar: Penanggulangan Narkoba Harus Dilakukan Semua Pihak

Martapura - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Banjar menggelar Seminar Pencegahan dan Penanggulangan Narkoba sekaligus Penyerahan Piagam Penghargaan Penggiat Anti Narkoba dan Pin Kehormatan kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Banjar oleh Kepala BNN Provinsi Kalimantan Selatan, di Mahligai Sultan Adam Martapura, Kamis (22/9).

Bupati Banjar Saidi Mansyur mengatakan, pencegahan bahaya narkoba tidak bisa dilakukan hanya satu atau dua orang saja, tetapi semua pihak.

“Pemerintah Kabupaten Banjar melalui mitra kerjanya TP PKK yaitu istri saya yang mempunyai banyak pasukan di kecamatan dan desa, mudah-mudahan kegiatan pencegahan dan penanggulangan narkoba ini terus berkelanjutan, karena narkoba itu sudah ada dari dulu sampai sekarang,” ujar Saidi, saat membuka seminar.

Ditambahkannya, banyak tantangan-tantangan yang perlu dikuatkan bersama dalam pencegahan narkoba.

“Saya dalam setahun ini bersama TP PKK Kabupaten Banjar kolaborasi dengan baik sehingga pencegahan ini bisa dilakukan dengan baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BNN Provinsi Kalimantan Selatan Wisnu Andayana mengungkapkan, bahaya narkoba lebih berbahaya daripada terorisme dan lebih berbahaya dari kejahatan korupsi karena bahaya narkoba bisa menghancurkan satu generasi.

“BNN tidak akan mungkin berdiri sendiri dan Kegiatan ini merupakan angin segar bagi kita semua dan BNN bukan satu-satunya institusi yang bisa mencegah narkoba tanpa kesadaran dari kita semua yang dimulai melalui ketahanan keluarga,” ungkap Wisnu.

Sedangkan, Kepala Kesbangpol Kabupaten Banjar Safrin Noor menjelaskan, maksud dan tujuan seminar untuk menambah wawasan peserta seminar tentang pencegahan dan penanggulangan narkotika.

“Agar kader-kader PKK dan organisasi kemasyarakatan mengerti dan memahami peran keluarga yang memiliki andil serta berkontribusi untuk mencegah dini penyalahgunaan narkoba baik di lingkungan sendiri sampai ke lingkungan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini dilaksanakan penyematan pin kehormatan kepada Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas oleh Kepala BNN Provinsi Kalimantan Selatan Wisnu Andayana

Seminar ini diikuti 50 orang dari Kader PKK dan Ormas Keagamaan serta Kepemudaan dengan nara sumber Ketua TP PKK Kabupaten Banjar dan Kepala BNN Kota Banjarbaru.