Wujudkan Sumsel Mandiri Pangan, Muara Enim Akan Panen Jagung Hibrida

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Muara Enim bersama Kepolisian Resor (Polres) Muara Enim menggelar rapat rencana kegiatan panen jagung hibrida di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Muara Enim di Ruang Rapat Serasan Sekundang Sekretariat Daerah, Kamis (22/9).

Rapat tersebut dipimpin oleh Pj Sekretaris Daerah yang diwakili oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Ulil Amri.

Penyelenggaraan panen jagung ini merupakan rangkaian dari kegiatan penanaman jagung hibrida oleh Bupati Muara Enim bersama kapolres yang dilaksanakan tanggal 20 April 2022 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Ulil menyampaikan bahwa kegiatan panen ini adalah suatu upaya meningkatkan ketahanan pangan masyarakat dan program Menuju Sumsel Mandiri Pangan.

Masih dalam rapat tersebut, Kepala Desa Harapan Jaya Trimo mengucapkan rasa terima kasinya atas terpilihnya Desa Harapan Jaya sebagai tuan rumah panen jagung.

"Ini menjadi suatu pembelajaran untuk masyarakat kami untuk menjadi pribadi yang tidak gur nyadong thok (cuma bisa menadah-red), kami bisa belajar menjadi mandiri," ungkapnya.

Penyelenggaraan acara panen direncanakan pada Selasa, 27 September 2022 pukul 14.30 WIB dengan mengundang Forkopimda, Perangkat Daerah, unsur BUMN,  BUMS dan BUMD serta unsur terkait lainnya.

Mengingat pelaksanaan masih dalam kondisi pandemi, Ulil juga mengingatkan untuk mematuhi protokol pencegahan COVID-19.

Ulil menambahkan juga untuk mematangkan persiapan, akan dilaksanakan survei lapangan ke lokasi panen di Desa Harapan Jaya keesokan harinya.

Turut hadir dalam rapat perwakilan perangkat daerah Pemkab Muara Enim, Polres Muara Enim,  BPR Gerbang Serasan dan Desa Harapan Jaya.