Bupati Cirebon: Gerakan PKK Keluarga Tanggap dan Tangguh Bencana Strategi Jitu Atasi Permasalahan

Cirebon - Bupati Cirebon Imron menghadiri kegiatan Launching dan Sosialisasi Gerakan PKK Keluarga Tanggap dan Tangguh Bencana Tingkat Kabupaten Cirebon 2022, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Cirebon, Senin (26/9).

Imron menyampaikan bahwa Gerakan PKK Keluarga Tanggap dan Tangguh Bencana merupakan strategi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang masih dihadapi keluarga Indonesia.

“Gerakan PKK Keluarga Tanggap dan Tangguh Bencana merupakan strategi untuk mengatasi berbagai permasalahan, khususnya di Kabupaten Cirebon. Permasalahan itu, seperti stunting dan pandemi COVID-19 yang masih belum berakhir. Disamping permasalahan lainnya, yakni penurunan kualitas lingkungan hidup dan perilaku yang keliru dalam merencanakan keluarga sehat serta sejahtera,” tutur Imron.

Disampaikan pula bahwa Desa Sindangjawa Kecamatan Dukupuntang sebagai salah satu dari Pilot Project gerakan ini.

“Gerakan PKK Keluarga Tanggap dan Tangguh Bencana ini memberikan peran aktif berupa pembinaan dan program kegiatan pada lokasi desa Sindangjawa Kecamatan Dukupuntang, sehingga sampai pada tahun 2024 desa Pilot Project ini dapat menunjukkan perubahan yang signifikan dalam peningkatan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana,” sambung Imron.

Dirinya pun mengingatkan agar semua pihak, khususnya masyarakat Kabupaten Cirebon perlu membiasakan memiliki rencana dalam keluarga.

”Biasakan membuat rencana yang baik, jangan begitu ada masalah, baru tiba penyesalan di kemudian hari. Hidup kalau terencana dengan baik, semua akan jauh lebih mudah," ujarnya.

Di akhir sambutannya, Imron pun tak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan berperan aktif dalam mensukseskan gerakan ini. “Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat beserta jajarannya, dan instansi yang telah berperan aktif serta mendukung program gerakan PKK Keluarga Tanggap dan Tangguh Bencana Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2022 ini,” tutupnya.