Miliki Bibit Padi Organik, Bupati Poso Apresiasi Petani Desa Dewua

Poso - Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengikuti ritual Pangore tahunan masyarakat di ladang tanaman padi Desa Dewua, Poso Pesisir Selatan, Sulawesi Tengah, Selasa (7/7).

Bupati Darmin saat mengikuti langsung kegiatan tersebut mengatakan, baru kali ini dirinya mengetahui bahwa ada padi berjenis kelamin jantan dan betina. Hal itu diketahuinya berdasarkan penjelasan dari petani fan Balai PengkajianTeknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tengah.

Bupati Darmin juga mengapresiasi masyarakat Desa Dewua yang masih mempertahankan usaha menanam padi di ladang yang terkenal lezat untuk disantap.

“Kita mengapresiasi usaha yang dilakukan petani Dewua yang masih mempertahankan budaya menanam padi di ladang. Kita pun bersyukur karena kedepan padi ladang jenis ini akan dibeli untuk dijadikan bibit padi organik dan akan dikembangkan varietasnya.m," ujat Darmin.

Bupati Darmin mengatakan, satu hal yang menarik dari penanaman padi ladang ini karena tidak menggunakan pupuk dan pestisida bahan kimia sehingga sangat alami dan juga aman dikonsumsi, di samping itu rasanya juga sangat lezat.