Kadis Pertanian Pangkep Panen Perdana Padi Gadu di Desa Bara Batu

Pangkep - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep Andi Sadda yang didampingi penyuluh pertanian Desa Bara Batu Rachmawaty Mampawa melakukan panen padi gadu yang digelar di Kelompok Tani Alam Perkasa, Desa Bara Batu, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Selasa (7/7).

“Tanam padi gadu ini salah satu upaya pengelohan sawah dengan menggunakan sisa-sisa air di musim hujan dan Alhamdudillah hasilnya sudah dipetik hari ini,” ujar Andi Sadda.

Panen padi gadu ini Kelompok Tani Alam Perkasa ini dihadiri Komunitas Tani Sulawesi Selatan (KTSS), Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pangkep Farida, Kepala Wilayah Kecamatan Labakkang Abd Haris, Kepala Desa Bara Batu, Kecamatan Labakkang.

Dijelaskan Andi, varietas yang ditanam sebagai uji coba di musim kemarau ini yakni Inpari 32, varietas Inpari 42, beras hitam non pulut dan beras merah aromatik. Untuk Al Padjadjaran dan beras merah aromatik, varietas kabur 06 merupakan varietas baru yg diuji coba tanam di kelompok tani ini, nampak hasilnya cukup berhasil hingga capai 10 ton per hektar.

“Insya Allah varietas ini terus kita melakukan mengembangan ke kelompok tani yang lain, karena setelah dilakukan uji coba menunjukan hasil yang sangat menggembirakan,” paparnya.