PKK Kabupaten Banjar Studi Tiru ke Salah Satu Desa Terbaik di Dunia

Martapura - Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas memimpin rombongan yang terdiri dari para pengurus PKK, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Perikanan Ahmadi, Sekretaris PMD Nonzairina dan ketua TP PKK 20 kecamatan dalam rangka studi tiru ke Desa Penglipuran, Provinsi Bali, Rabu (9/11).

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas menjelaskan, dipilihnya Desa Penglipuran, Bali dikarenakan ingin belajar dan mengetahui rahasia keberhasilan masyarakat desa dalam mengembangkan ekonomi, kreativitas, budaya serta pengelolaan lingkungan yang menjadikan desa tersebut dinobatkan sebagai salah satu desa terbaik di dunia yang bisa meningkatkan minat masyarakat lokal maupun mancanegara untuk berwisata.

Bahkan, lanjut Nurgita, desa tersebut juga dijadikan lokasi pembuatan atau pengambilan visual produksi film, hingga memberikan dampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

”Saya harap Ketua TP PKK 20 kecamatan dapat belajar dan mengadopsi sebagian besar maupun sedikit tentang pengelolaan Desa Penglipuran Provinsi Bali, yang nantinya di aplikasikan di desa wilayah Kecamatannya masing-masing, sehingga mampu memberikan kotribusi terhadap kesejahteraan masyarakat dan mengoptimalkan pembangunan desa-desa di Kabupaten Banjar,” tutur Nurgita Tiyas.

Sementara itu, pengurus Adat Desa Penglipuran Inengah Didiye menympaikan terima kasih atas kunjungan Nurgita Tiyas dan rombongan dan siap memberikan informasi dibalik keberhasilan Desa Penglipuran dalam meraih gelar sebagai salah satu desa terbaik di dunia.

Inengah Didiye mengatakan, keberhasilan tersebut tentunya tak lepas dari peran pemerintah dan peran seluruh masyarakat Desa Penglipuran sendiri yang selalu menjaga komitmennya dalam menjaga adat istiadat, menjaga dan menghargai alam, tekun, gigih, mandiri serta kreatif. sehingga pada akhirnya terciptalah Desa Penglipuran yang indah dan ramah untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.