Kunker ke Lombok Utara, Menristekdikti Tinjau Pembangunan Politeknik Negeri

Kayangan - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Lombok Utara dengan didampingi oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, bersama Anggota DPR RI Komisi VII Kurtubi, dalam rangka meninjau pembangunan Politeknik Negeri yang berada di Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Senin (15/4).

Kedatangan Menristekdikti di Lombok Utara tersebut disambut langsung oleh Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar, dengan disertai pengalungan selendang disertai iringan alat musik tradisional "Gendang Beleq".

Kunjungan kerja Menristekdikti yang dirangkai dengan acara Seminar Pendidikan Nasional itu turut dihadiri oleh Rektor Universitas Mataram Lalu Husni, Ketua DPRD Kabupaten Lombok Utara Burhan M. Nur, para Kepala OPD lingkup Pemerintah kabupaten Lombok Utara, para guru se-Kabupaten Lombok Utara, dan para mahasiswa vokasi Unram Lombok Utara.

Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar, dalam sambutannya mengajak seluruh tamu undangan yang hadir untuk sama-sama bersyukur dan berterima kasih, dimana melalui Menristekdikti, cita-cita dan keinginan yang sudah lama diimpikan percepatan pembangunan pendidikan tinggi di Lombok Utara bisa terealisasi.

Bupati berharap dengan berdirinya Politeknik Negeri Lombok Utara tersebut bisa menjadi salah satu tempat untuk mengkader dan mendidik anak-anak setempat ataupun anak-anak seluruh Indonesia untuk belajar sesuai dengan pilihan ilmu yang akan diperoleh di Politeknik Negeri Lombok Utara tersebut.

"Mudah-mudahan dengan apa yang dilakukan, dan saat ini kita rasakan bersama, mudah-mudahan ini menjadi satu keberkahan bagi kita masyarakat Kabupaten Lombok Utara," Harap Bupati.

Sementara itu, Gubernur Provinsi NTB Zulkieflimansyah juga berpesan langsung kepada Kurtubi, selaku anggota DPR RI Komisi VII untuk tetap mengawal pembangunan Politeknik Negeri Lombok Utara agar penerimaan mahasiswa bisa diwujudkan pada tahun ini mengingat ada target yang diberikan oleh Menristekdikti kepada Unram agar akreditasi institusinya menjadi A.

"Mudah-mudahan apa yang diimpikan oleh kita semua, tahun ini kehadiran Poltek Negeri di Lombok Utara menjadi nyata," harap Gubernur NTB

"Apalagi saya dengar persyaratannya hampir semua sudah oke, tanahnya juga oke, tinggal restu dari pak Menteri yang ingin kita dengar langsung hari ini," tutur gubernur.

Dalam kesempatan itu, Menristekdikti Mohamad Nasir menyampaikan bahwa perguruan tinggi harus menekankan pada pendidikan vokasi yang di dalamnya terdapat Politeknik.

Menristekdikti menjelaskan bahwa program pendidikan vokasi tersebut difokuskan pada daerah-daerah atau Kabupaten-kabupaten yang berada di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal dengan tujuan untung mendorong perkembangan sumber daya manusia terutama di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Saya langsung tugaskan pada Dirjen kelembagaan dan direktur pembinaan tolong di cek lapangan, langsung persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi," ucap Menristekdikti.

Setelah semua persyaratan terpenuhi, Menristekdikti akan segera melaporkan ke Presiden untuk ditindaklanjuti agar menjadi perguruan tinggi negeri sehingga bisa didanai oleh pemerintah pusat di bawah Kemenristekdikti kedepannya.