Wakil Bupati Tanah Datar Hadiri Tradisi Bakawua-Kawua

Tanah Datar - Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menghadiri acara bakawua-kawua yang diselenggarakan Kelompok Tani Sangkak Puyuah, Jorong Balai Baru Nagari Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas, Senin (10/8).

Bakawua-kawua merupakan tradisi masyarakat setempat sebagai wujud rasa syukur sehabis panen yang diawali makan dan diakhiri doa bersama.

“Kita mengapresiasi kegiatan yang mencerminkan kebersamaan ini sehingga terjalin tali silaturahmi antar sesama,” kata Wabup.

Menurut Zuldafri, sektor pertanian telah menjadi industri yang harus disandingkan dengan teknologi modern sehingga hasil produksi meningkat dibandingkan dengan cara konvensional dan semua itu menjadi perhatian pemerintah saat ini.

“Pemerintah daerah memiliki lima program unggulan diantaranya peningkatan sektor pertanian sebagai penyumbang kontribusi perekonomian terbesar di Kabupaten Tanah Datar, mendukungnya pemerintah terus berusaha memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di bidang pertanian,” ujarnya.

Ketua Kelompok Tani Sangkak Puyuah Ansarul mengungkapkan masyarakat Jorong Balai Barumasih membutuhkan fasilitas pertanian guna menunjang hasil produksinya.

“Saat ini kelompok kelompok tani Sangkak Puyuah memiliki anggota sebanyak 150 orang yang berharap adanya fasilitas penunjang produksi pertanian,” harap Ansarul.

Sementara itu Penyuluh Pertanian Nagari Tanjung Barulak Peri menjelaskan pemerintah daerah telah membuat beberapa program unggulan untuk meminimalisir resiko yang dihadapi petani saat ini berupa asuransi pertanian dan peternakan sebesar 80 petrsen dari subsidi pemerintah.

“Pemerintah juga telah menerbitkan sejenis kartu berisi data petani sehingga dapat mempermudah mendapatkan pupuk,” ujarnya. (KominfoTanahDatar)