Kasus COVID-19 di Tanah Datar Meningkat

Tanah Datar - Jumlah terkonfirmasi kasus positif COVID-19 di Kabupaten terus bertambah dengan penambahan dua warga terinfeksi virus corona.

Kabid P2P Dinkes Tanah Datar Roza Mardiah mengatakan dua orang warga Tanah Datar yang merupakan suami isteri ini masih dari kluster UPT Puskesmas Lima Kaum I yang sebelumnya sudah dilaporkan sembilan orang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Untuk mengantisipasi penyebaran lebih luas, Dinas Kesehatan Tanah Datar sudah melakukan tracing terhadap masyarakat yang kontak erat dengan yang sudah terkonfirmasi positif COVID-19," katanya Selasa (11/8).

Roza berharap kepada masyarakat yang mempunyai riwayat berobat atau memeriksa kesehatan ataupun melaksanakan kegiatan lain di Puskesmas Lima Kaum I dalam jangka waktu 24 Juli hingga 8 Agustus 2020 yang berpotensi terjadi kontak erat terhadap para petugas kesehatan melapor ke Dinas Kesehatan melalui Isharianto telp. 085274752700 dan Ns. Ola Anas, S.Kep telp. 081266590263 dan Sisca Yenti telp. 08126726368.

Langkah selanjutnya yang sudah ditracing akan dilakukan uji swab secara bertahap di liam tempat yakni RSUD MA Hanafiah Batusangkar, Puskesmas Pagaruyung, Puskesmas Sungai Tarab II, Puskesmas Gurun dan Puskesmas Lima Kaum II di Cubadak .

Dengan bertambahnya kasus tersebut akumulasi kasus COVID-19 Tanah Datar menjadi 25 orang, 13 orang sudah sembuh, dua meninggal dunia, satu orang dirawat di rumah sakit rujukan dan sembilan orang isolasi mandiri.

"Masyarakat diminta semakin meningkatkan kewaspadaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti selalu memakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, jaga jarak, hindari kerumunan dan selalu meningkatkan imun tubuh sehingga bisa terhindari dari pandemi ini," tegasnya.(KominfoTanahDatar)