BOPLBF dan El Bajo Comodus Jalin Kerjasama Kembangkan Pariwisata NTT

Labuan Bajo - Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) bersama Kampus Politeknik El Bajo Comodus menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang Kerjasama Dalam Rangka Program Pengembangan Potensi Pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kawasan Labuan Bajo, di Ruang Rapat Kampus Politeknik El Bajo Comodus, Selasa (11/8)

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Utama BOPLBF Shana Fatina dan Ketua Yayasan Kampus Politeknik El Bajo Comodus Noviana Halim.

Penandatanganan kerjasama ini sekaligus menjadi awal keterlibatan lingkup akademisi dalam sinergi bersama BOPLBF membangun pariwisata Labuan Bajo.

Direktur Utama BOPLBF Shana Fatina mengungkapkan, sudah saatnya membangun sinergi bersama institusi pendidikan sebagai rahim yang melahirkan para agen perubahan masyarakat dengan kapasitas SDM yang lebih baik.

“Kami sedang berupaya memperkuat sinergi dengan berbagai pihak dengan tetap berpedoman pada konsep pentahelix. Sinergi dengan banyak pihak telah kami laksanakan dan sinergi bersama institusi pendidikan mulai kami galakan," ungkap Shana.

Menurut Shana, kehadiran El Bajo Comodus sebagai satu-satunya kampus yang saat ini ada di Labuan Bajo menjadi pendorong bagi Labuan Bajo untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menjawab kebutuhan daerah dalam upaya mengembangkan SDM nya.

Shana menjelaskan, program-program studi yang ada di kampus El Bajo Comodus sangat berkaitan erat dengan potensi pengembangan daerah khususnya bidang pariwisata. Peran kampus dapat dimaksimalkan dengan mengirimkan agen-agen muda yang masih fresh untuk turun ke destinasi-destinasi selain untuk mempelajari, juga menemukan konsep-konsep baru pariwisata, dan dengan sendirinya menciptakan inovasi pariwisata dari apa yang mereka temukan di lapangan nanti.

“Sebagai tahap awal kami tadi sudah membahas pengiriman beberapa mahasiswa dan mahasiswi dalam waktu dekat untuk melaksanakan PKL ke desa-desa wisata di daratan Flores sebagai salah satu bentuk pendampingan kepada masayarakat sesuai dengan ilmu yang sudah mereka dapat selama di perkuliahan," ungkap Shana.

Sementara itu, Ketua Yayasan El Bajo Comodus Noviana Halim mengungkapkan antusiasmenya dengan adanya penandatanganan kerjasama dengan BOPLBF diharapkan bisa makin meningkatkan peran serta lembaga pendidikan dalam pembangunan daerah, khususnya pembangunan pariwisata Labuan Bajo.

“Kami sudah lama menunggu momentum ini. Bersama Ibu Shana sudah beberapa kali membahas peluang pengembangan SDM melalui partisipasi para akademisi khususnya untuk kepariwisataan. Kami sangat senang sekali akhirnya bisa terwujud melalui penandatanganan MoU hari ini," ungkap Noviana.

Lebih lanjut, Noviana berharap agar institusi pendidikan senantiasa selalu dapat dilibatkan dan dimaksimalkan melalui sinergi dengan berbagai pihak dalam upaya membangun daerah.

“Secara moral kami tentu mengemban peran untuk mencerdaskan bangsa. Peran institusi pendidikan tentunya akan berkontribusi banyak bagi pembangunan daerah terutama karena melahirkan SDM yang dapat berpartisipasi membangun daerahnya," tegas Noviana.

Untuk diketahui bahwa Kampus Politeknik El Bajo Comodus sendiri berdiri pada akhir tahun 2016 dan kini memasuki tahun ke 4 dengan 6 program studi, antara lain:

• Program Studi Diploma IV Pengelolaan Perhotelan

• Program Studi Doploma IV Manajemen Pemasaran Internasional

• Program Studi Diploma IV Akuntansi Perpajakan

• Program Studi Diploma III Perhotelan

• Program Studi Diploma III Ekowisata

• Program Studi Diploma III Teknologi Informasi

Tahun 2020 ini Kampus Politeknik El Bajo Comodus akan melepas wisudawan angkatan pertama setelah empat tahun berdiri.