Pemkab Sigi Serahkan Bantuan P2L Bagi Penghuni Huntara Sidera

Sigi - Bupati Sigi Mohamad Irwan menyerahkan langsung bantuan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dan bibit tanaman dari Pemerintah Kabupaten Sigi kepada kelompok masyarakat penghuni Huntara di Huntara ACT Sidera, Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru, Selasa (11/8) .

"Bantuan ini adalah upaya Pemerintah Kabupaten Sigi untuk membuka peluang-peluang ekonomi baru di masyarakat, salah satunya yaitu melalui pemanfaatan lahan pekarangan kosong yang ada di Huntara ACT Sidera," katanya.

Lebih lanjut kepada masyarakat bahwa Pemerintah Kabupaten Sigi terus melakukan upaya pengembangan ekonomi masyarakat Kabupaten Sigi, terlebih pada sektor pertanian, pengembangan pertanian yang akan dijalankan adalah pertanian organik.

"Kabupaten Sigi akan menjadi daerah penghasil komoditi pertanian organik, dengan beberapa desa yang ada di Kecamatan Kulawi, Palolo dan Dolo sebagai daerah pertama yang akan dijadikan sebagai kawasan pertanian organik," ujarnya.

Bupati berharap kelompok masyarakat penerima bantuan pekarangan dan bibit tanaman ini dapat memanfaatkan lahan tersebut dan menggunakan bahan organik dalam budidaya pertaniannya, mengingat komoditi pertanian organik memiliki manfaat yang lebih sehat karena tidak mengandung bahan kimia dan aman bagi tubuh, sehingga pasar akan lebih memilih mengkonsumsi makanan yang sehat.

Selain itu, beliau juga berpesan kepada dinas terkait agar terus melakukan koordinasi dengan Balai Penyuluh Pertanian dan para kelompok masyarakat tani guna memonitoring perkembangan maupun kebutuhan dalam pengembangan pertaniannya.

Turut hadir Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rahmad Iqbal Nurchalis, Kepala Desa Sidera dan Kelompok Masyarakat Huntara ACT Sidera.